Kenapa Ivan Gunawan Lebih Pilih Bangun Masjid di Uganda daripada Indonesia? Ternyata Ini Alasannya
Ivan Gunawan di kawasan Harmoni, Jakarta, Senin (15/4/2024). [Suara.com/Adiyoga Priyambodo]
14:09
28 April 2024

Kenapa Ivan Gunawan Lebih Pilih Bangun Masjid di Uganda daripada Indonesia? Ternyata Ini Alasannya

Pembangunan masjid Ivan Gunawan di Uganda, Afrika akhirnya selesai. Kekinian, Ivan Gunawan pun sudah berkunjung ke masjid yang diberi nama Masjid Indonesia by Ivan Gunawan tersebut.

Momen Ivan Gunawan mengunjungi masjid miliknya ramai dibagikan ulang ke media sosial, salah satunya akun TikTok bernama itsme_chaca12. Ia mengunggah momen Ivan Gunawan masak di dekat masjidnya.

Banyak netizen yang terkesan dengan keputusan Ivan Gunawan membangun masjid di Uganda. Tapi tidak sedikit juga netizen yang justru mempertanyakan keputusan tersebut.

"Kenapa jauh-jauh ke Uganda sih," celetuk netizen. "Jauh-jauh amat, di tanah sendiri masih banyak," sahut lainnya. "Masih banyak masjid yang harus dibantu di Indonesia bang Ivan Gunawan?" tulis yang lain.

Menilik wawancara terdahulu, Ivan Gunawan sebenarnya punya alasan sendiri kenapa membangun masjid di Uganda, alih-alih di Indonesia. Hal itu disampaikan Ivan Gunawan saat ngobrol dengan Eko Patrio.

Rupanya Ivan Gunawan memang sudah nazar ingin membangun masjid. Namun desainer sekaligus presenter ternama itu tidak menemukan lokasi yang dinilai tepat di Indonesia.

"Jadi begini, saya kan pernah punya nazar, 'Gue ingin punya masjid'. Tapi dari kemarin prosesnya pas mau bikin masjid di Indoensia itu enggak ketemu titiknya," cerita Ivan Gunawan, dikutip dari tayangan YouTube Eko Patrio TV pada Februari 2023 lalu.

"Di Uganda mereka salat di bawah ranting-ranting, enggak ada sajadah. Jadi di atas tanah itu ditaruh daun-daun begitu. Saya tanya (kepada lembaga amal bersangkutan), karena saya kan emang ingin bikin masjid," imbuhnya.

Kala itu, Ivan Gunawan bertanya kepada pihak lembaga amal soal biaya yang diperlukan untuk membangun masjid di Uganda. Tak butuh waktu lama ia langsung mengirim dana saat itu juga kepada lembaga tersebut.

"Saya tanya, 'Kalau mau bikin masjid, kurang lebih estimasi budget berapa?' Dan ya sudah, dia kasih angka terus sudah begitu saya kirim (uangnya) hari itu juga," jelas Ivan Gunawan lagi.

Sementara itu, Ivan Gunawan diketahui memulai pembangunan masjid tersebut pada tahun 2022. Setelah sekitar dua tahun menunggu, akhirnya masjid Ivan Gunawan siap digunakan oleh masyarakat sekitar.

Editor: Nur Khotimah

Tag:  #kenapa #ivan #gunawan #lebih #pilih #bangun #masjid #uganda #daripada #indonesia #ternyata #alasannya

KOMENTAR