Potret Bunga Bangkai Setinggi 3 Meter yang Mekar Sempurna Hari Ini, Catat Lokasinya!
Potret Bunga Bangkai yang Mekar di Kebun Raya Cibodas. (Dok. Kebun Raya Cibodas)
15:43
19 April 2024

Potret Bunga Bangkai Setinggi 3 Meter yang Mekar Sempurna Hari Ini, Catat Lokasinya!

Ada bunga bangkai setinggi tiga meter baru saja mekar sempurna hari ini, Jumat (19/4/2024). Bunga bangkai Amorphophallus Titanum itu berhasil mekar di Kebun Taya Cibodas, Cianjur, Jawa Barat.

Dikutip Suara.com dari Dewiku, bunga bangkai ini merupakan hasil semaian biji yang ditanam 20 tahun lalu atau pada 2004.

Dikatakan oleh Destri, Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), biji tersebut berasal dari induk tanaman koleksi No.28 yang berasal dari Sungai Manau, Batang Suliti, Kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, Sumatera Barat.

"Ini merupakan kali ketiganya individu tanaman tersebut berbunga setelah sebelumnya berbunga pada tahun 2016 dan 2020," tulis siaran pers yang diterima, Jumat (19/4/2024).

Menurut data hasil pemantauan dari unit pengelolaan koleksi ilmiah Kebun Raya Cibodas, tunas bunga bangkai tersebut mulai teramati pada 16 Februari 2024.

Bunga pun kemudian mekar sempurna tepat pada Jumat dini hari (19/04) pukul 00.56 WIB dengan tinggi spadik 310,5 cm dan diameter spatanya 161 cm.

"Tinggi bunga kali ini lebih dari 3 meter hal ini dikarenakan pertumbuhan vegetatifnya bagus sehingga dengan sendirinya menghasilkan umbi yang lebih besar," ujar Destri.

Potret Bunga Bangkai yang Mekar di Kebun Raya Cibodas. (Dok. Kebun Raya Cibodas)Potret Bunga Bangkai yang Mekar di Kebun Raya Cibodas. (Dok. Kebun Raya Cibodas)

Destri juga menyampaikan jika induk tanaman yang ada di Cibodas diperkirakan sudah berumur antara 32-35 tahun, karenanya tanaman tergolong herba perenial.

Sampai saat ini jumlah koleksi tanaman bunga bangkai yang ada di Kebun Raya Cibodas sebanyak 10 nomor spesimen, yang terdiri atas 1 spesimen induk hasil pengoleksian berupa umbi dan 9 spesimen merupakan hasil perbanyakan dari biji.

Lokasi bunga bangkai sendiri terletak di Kebun Raya Cibodas, bersebelahan dengan Taman Lumut. Nah, bagi Anda yang ingin segera melihat? Yuk cepat-cepat! Bunga bangkai ini akan menutup kembali setelah 24 sampai 48 jam mekar ya!

Editor: Risna Halidi

Tag:  #potret #bunga #bangkai #setinggi #meter #yang #mekar #sempurna #hari #catat #lokasinya

KOMENTAR