4 Tips untuk Memulai Percakapan dengan Orang Pintar, Salah Satunya Harus Mengetahui Tren Saat Ini
4 Cara Berbicara Dengan Orang Pintar (pexels/fauxels)
10:44
19 April 2024

4 Tips untuk Memulai Percakapan dengan Orang Pintar, Salah Satunya Harus Mengetahui Tren Saat Ini

– Bergabung dan menjalin hubungan dengan orang-orang yang lebih pintar dari Anda adalah cara yang bagus untuk membuka pikiran Anda terhadap konsep dan ide baru.

Secara teori kedengarannya bagus, tetapi jika Anda bertanya-tanya mengapa Anda tidak bisa membuat orang-orang seperti itu berbicara dengan Anda, maka Anda lah masalahnya.

Orang yang telah mencapai puncak profesi pilihannya adalah orang yang istimewa. Anda mungkin mengagumi mereka dan menyukai setiap kata yang mereka ucapkan.

Jika Anda kebetulan berada di dekatnya, Anda terkadang akan melontarkan sesuatu yang bodoh dan membuat diri Anda sendiri terlihat seperti seorang fan boy groupie.

Oleh karena itu, perlu diketahui bagaimana cara berbicara dengan mereka. Dilansir dari akun LinkedIn Bill Wagner, MBA, Jumat (19/4), berikut 4 cara berbicara dengan orang pintar.

1. Pelajari leksikonnya

Setiap profesi mempunyai nomenklaturnya tersendiri. Baik Anda seorang pengacara, dokter, atau pakar start-up, ada serangkaian kata khusus yang bertindak sebagai sinyal bagi orang-orang di grup yang Anda minati.

Penguasaan Anda terhadap kata-kata itu adalah sinyal selanjutnya mengenai bagaimana orang akan bereaksi terhadap Anda. Belajarlah mengucapkannya dengan benar. Pelajari bagaimana masing-masing kata cocok menjadi sebuah kalimat yang baik.

2. Ketahui faksi-faksinya

Setiap kelompok besar memiliki kelompok-kelompok kecil yang terbentuk di dalamnya. Misalnya di bidang medis, yang terdiri dari begitu banyak spesialisasi.

Artinya, bertanya kepada pengacara kontrak tentang perbedaan antara perilaku jahat dan sembrono akan membuat Anda terlihat lucu padahal seharusnya Anda menanyakan pertanyaan itu kepada pengacara kriminal.

Di sinilah sindrom fan boy berperan, dan Anda kehilangan kredibilitas saat mencoba terlihat pintar didepan orang-orang pintar itu padahal sebenarnya tidak.

3. Ketahui iklim/tren saat ini

Jika Anda bisa duduk bersama seorang pengusaha untuk waktu yang lama, mengoceh tentang Steve Jobs akan membuat Anda tersenyum dan mengangguk, itu saja. Steve Jobs adalah pionirnya.

Dia adalah seorang visioner. Dia punya buku yang ditulis tentang dirinya sendiri. Bukan itu yang dibicarakan orang-orang saat ini.

Orang pintar lebih khawatir tentang apa yang akan terjadi kedepannya dan dampaknya terhadap mereka.

4. Ingatlah bahwa orang pintar tetaplah manusia

Sangat mudah untuk terlibat dalam narasi terkini seputar seseorang yang cerdas dan pintar. Kesan pertama yang diberikan seseorang adalah hal yang melekat dan digunakan orang untuk mengambil semua keputusan di masa depan.

Ya, mereka kaya, pintar, dan terkenal, tapi mereka juga orang-orang yang punya ketakutan, kehidupan, dan kelemahan.

Jika Anda benar-benar ingin membuat seseorang terkesan, ajukan pertanyaan pribadi yang tidak ada hubungannya dengan klaim kepintarannya itu.

Tanyakan kepada mereka tentang kutipan tidak jelas yang Anda temukan dalam sebuah wawancara beberapa tahun yang lalu. Tanyakan bagaimana pandangan tersebut berkembang seiring berjalannya waktu.

Setiap orang ingin dimengerti lebih dari sekedar sesuatu yang mereka lakukan. Berusahalah untuk menemukan hasrat inti itu dan mengapa hal itu menjadikan mereka menjadi orang yang tumbuh.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #tips #untuk #memulai #percakapan #dengan #orang #pintar #salah #satunya #harus #mengetahui #tren #saat

KOMENTAR