Simak, 7 Tanda Kalau Kamu dan Pasanganmu Menjalani Hubungan yang Sehat
Ilustrasi sepasang kekasih. (Pexels/Lauren Hogue)
12:44
18 April 2024

Simak, 7 Tanda Kalau Kamu dan Pasanganmu Menjalani Hubungan yang Sehat

Setiap orang pastinya ingin memiliki hubungan yang sehat dan jauh dari hal-hal toksik.

Banyak orang bertanya-tanya bagaimana ciri-ciri hubungan yang sehat dan apakah hubungan yang sedang mereka jalani merupakan hubungan yang sehat?

Penelitian secara konsisten menunjukkan bahwa hubungan asmara yang sehat sangat penting untuk kesehatan mental maupun fisik yang optimal.

Penelitian juga menemukan bahwa orang yang memiliki hubungan yang sehat cenderung punya perilaku yang sehat dan lebih menikmati hidup.

Dilansir dari Verywell Mind, Rabu (17/4), berikut tujuh tanda kalau kamu dan pasanganmu menjalani hubungan yang sehat:

1. Saling Percaya
Rasa saling percaya merupakan salah satu faktor kunci dalam hubungan yang sehat. Rasa percaya menjadi landasan penting yang membuat hubungan bisa bertahan lama.

Rasa percaya terbentuk dari bagaimana kamu dan pasangan memperlakukan satu sama lain. Ketika kamu melihat pasanganmu memperlakukanmu dengan baik, dapat diandalkan, dan ada ketika kamu membutuhkannya, rasa percaya akan tumbuh.

2. Keterbukaan
Ciri lainnya yang menandakan bahwa kamu menjalani hubungan yang sehat adalah ketika kamu dan pasangan benar-benar menjadi diri sendiri. Kalian tidak merasa ada yang harus disembunyikan.

Keterbukaan tidak bisa langsung terbentuk di awal hubungan, melainkan butuh waktu. Seiring berjalannya waktu, ketika kamu dan pasangan semakin dekat, kalian akan semakin terbuka dengan sendirinya.

Meski begitu, keterbukaan di sini bukan berarti kamu harus membuka segala hal tentang dirimu, karena setiap individu memiliki privasi dan batasannya masing-masing.

3. Memiliki Batasan yang Sehat
Menetapkan batasan bukan berarti merahasiakan sesuatu. Batasan justru membantu kamu dan pasangan saling sepakat dalam hal bagaimana kalian akan menjalani hubungan.

Contoh dari batasan yang sehat misalnya sepakat tidak membuka ponsel satu sama lain, sepakat membiarkan masing-masing punya waktu me time dan hang out bersama teman, juga sepakat menghormati ruang personal masing-masing.

4. Saling Menghormati
Contoh yang menandakan bahwa kamu dan pasangan saling menghormati misalnya kalian fokus mendengarkan ketika salah satu berbicara, tidak menunda ketika salah satu meminta bantuan, saling memahami dan memaafkan, saling mendukung, dan juga saling mengapresiasi.

5. Cinta dan Kasih Sayang
Hubungan yang sehat sudah pasti dilandasi rasa cinta dan kasih sayang yang besar terhadap satu sama lain. Dua hal ini menjadi dasar yang membuat kamu dan pasangan mau saling menerima, saling melindungi, saling percaya, dan saling berusaha atau berkorban bagi satu sama lain.

6. Komunikasi yang Baik
Komunikasi yang baik bukan berarti tidak pernah berkonflik sama sekali. Ciri komunikasi yang baik justru adalah ketika kamu dan pasangan mampu menyelesaikan perbedaan pendapat, argumen, atau bahkan konflik secara efektif.

7. Saling Memberi
Ciri terakhir yang menandakan kalau kamu dan pasangan menjalani hubungan yang sehat adalah ketika kalian saling memberi.

Dalam konteks ini, yang dimaksud dengan saling memberi bisa berupa memberikan pujian, hadiah, dukungan emosional, saling berempati, dan lain sebagainya.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #simak #tanda #kalau #kamu #pasanganmu #menjalani #hubungan #yang #sehat

KOMENTAR