8 Tips Mempersiapkan Diri untuk Menjadi Ayah, Apa Saja?
Ilustrasi ayah dan anak. (Pexels/Josh Willink)
09:50
17 April 2024

8 Tips Mempersiapkan Diri untuk Menjadi Ayah, Apa Saja?

 

   Menjadi seorang ayah merupakan peran yang istimewa sekaligus membutuhkan tanggung jawab yang amat besar sepanjang hidup.   Ketika mengetahui bahwa kamu akan segera menjadi seorang ayah, kamu mungkin merasa senang sekaligus gugup dan takut.   Perasaan-perasaan tersebut merupakan hal yang wajar dan dialami banyak orang.   Supaya lebih siap, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan diri sebelum resmi menjadi seorang ayah.   Dilansir dari Verywell Mind, Selasa (16/4), berikut tips untuk mempersiapkan diri menjadi seorang ayah.    1. Lakukan Riset   Pertama, kamu bisa melakukan riset mengenai banyak hal. Misalnya, bagaimana mempersiapkan mental untuk menjadi ayah, mencari tahu apa saja yang harus dilakukan ketika buah hatimu baru lahir, mempelajari hal-hal seputar parenting, dan lain sebagainya.  

  2. Terlibat Selama Proses Kehamilan   Perjalanan menjadi seorang ayah sejatinya sudah dimulai sejak buah hatimu di dalam kandungan. Sebagai ayah yang baik, tentunya kamu perlu untuk terlibat aktif selama pasanganmu mengandung.   Kamu bisa rutin mendampingi pasanganmu kontrol ke dokter, hadir menemani pasangan, peka terhadap kebutuhan, kemauan, dan emosi pasangan, membantu pekerjaan rumah tangga dan meringankan beban kerja pasangan, menyiapkan segala kebutuhan buah hati, berinteraksi dengan si buah hati, dan lain sebagainya.   3. Terima Bahwa Hidupmu Akan Berbeda dan Berubah   Salah satu hal yang mungkin membuatmu tidak siap adalah karena kamu tahu bahwa ketika menjadi ayah, hidupmu tidak akan sama lagi karena kamu akan mengemban tanggung jawab yang amat besar sepanjang hidupmu. Kamu perlu menyadari dan menerima bahwa hidupmu ke depannya memang akan berbeda.   4. Berkaca Pada Masa Kecil   Berkaca pada masa kecil yang telah kamu lewati dapat membantumu lebih siap untuk menjadi seorang ayah. Kamu bisa mengingat-ingat hal apa saja yang membuatmu bahagia ketika kecil dulu, menyadari apa yang kamu harapkan dari orang tuamu dulu, dan lain sebagainya.   

  5. Pertimbangkan Ingin Menjadi Ayah yang Seperti Apa   Mempelajari berbagai macam tipe pengasuhan dan membayangkan hal-hal apa saja yang membuatmu merasa senang ketika dulu kecil dapat membantumu memutuskan untuk menjadi ayah yang seperti apa buat anakmu kelak.   6. Jangan Terjebak dengan Peran Gender   Seringkali kita masih terjebak dengan peran gender yang menyatakan bahwa tugas seorang ayah adalah mencari nafkah, sedangkan urusan domestik dan mengasuh anak menjadi tugas istri.    Kamu sebaiknya tidak terjebak dalam stigma itu, sebab seorang ayah juga punya tanggung jawab yang sama dalam hal mengasuh, memberikan dukungan mental bagi anak, hingga mengerjakan pekerjaan rumah tangga.   7. Sadari Bahwa Menjadi Ayah Tidaklah Mudah    Tahun pertama menjadi ayah bisa sangat menantang. Kamu mungkin mengalami kelelahan, stres, dan kurang tidur. Faktanya, sebuah survei yang dilakukan oleh Verywell Mind and Parents pada tahun 2023 menemukan bahwa 21% pria mengalami depresi pasca persalinan.   Sadarilah bahwa kehidupan sebagai orang tua memang tidak mudah. Tidak apa-apa jika kamu sedang merasa tidak baik-baik saja.  

  8. Bangun Support System   Memiliki support system bisa sangat membantumu dalam mempersiapkan diri untuk menjadi seorang ayah.   Kamu bisa meminta dukungan, mencurahkan isi hati, serta meminta nasehat dan saran dari orang-orang di sekelilingmu untuk membantumu merasa semakin siap menyambut kehidupan sebagai seorang ayah.   ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #tips #mempersiapkan #diri #untuk #menjadi #ayah #saja

KOMENTAR