Jadi Imam Salat Idulfitri, Syakir Daulay Ternyata Alumni Pondok Pesantren Ternama Ini
Aktor Syakir Daulay saat ditemui di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Senin (23/8/2021). [Suara.com/Alfian Winanto]
11:40
14 April 2024

Jadi Imam Salat Idulfitri, Syakir Daulay Ternyata Alumni Pondok Pesantren Ternama Ini

Ditunjuk sebagai imam salat Idulfitri 1445 Hijriah menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi Syakir Daulay. Terlebih, Syakir Daulay mendapat kepercayaan tersebut di usianya yang masih muda, yaitu 22 tahun.

Kabar Syakir Daulay ditunjuk sebagai imam salat Idulfitri terungkap lewat unggahan media sosialnya. Ia dipercaya memimpin salat Idulfitri di Masjid Nurul Mushtofa Center, Cilodong, Depok, Jawa Barat.

"Bukan sebuah kemauan, tapi sebuah kehormatan untuk diri yang hina ini," tulis Syakir Daulay mengiringi cuplikan video dirinya sedang menjadi imam salat Idulfitri pada 10 April 2024 kemarin.

Dalam video tersebut, Syakir Daulay sangat khusyuk memimpin para jemaah menunaikan salat Idulfitri. Aktor kelahiran 10 Januari 2002 itu juga sangat indah dalam melantunkan ayat Al Quran selama menjadi imam.

Menariknya, ini bukan pertama kalinya Syakir Daulay ditunjuk menjadi imam salat Idulfitri. Ia  pernah mengemban tugas yang sama pada Hari Raya Idulfitri tahun 2021 lalu.

Ditunjuknya Syakir Daulay sebagai imam salat Idulfitri pun menuai banyak atensi. Tak sedikit yang penasaran dengan latar belakang pendidikan agama Syakir Daulay sehingga mendapat kepercayaan tersebut.

Setelah ditelusuri secara jauh, Syakir Daulay memang memiliki latar pendidikan agama yang mentereng. Ia merupakan tahfidz Al Quran yang pernah menjadi santri di pondok pesantren ternama.

Pondok pesantren tempat Syakir Daulay menimba ilmu agama adalah Pondok Pesantren Daarul Quran di Tangerang. Seperti diketahui, ini merupakan pesantren tahfidz milik Ustaz Yusuf Mansur yang dibangun sejak tahun 2000-an.

Syakir Daulay mondok di mana? (Instagram/syakirdaulay)Syakir Daulay mondok di mana? (Instagram/syakirdaulay)

Informasi tersebut diketahui dari unggahan Instagram Story Syakir Daulay pada tahun 2021 lalu. Kala itu, ia menjawab netizen yang kepo soal pondok pesantren tempat dirinya menimba ilmu agama.

"Mondok di mana dulu Kir?" tanya netizen via direct message Instagram. "Di @pesantrendaqu. Anak Daqu mana suaranya," jawab Syakir Daulay melalui Instagram Story sambil menyebut akun Instagram pesantrennya.

Syakir Daulay juga membagikan bukti lain berupa foto saat masih menjadi santri. Syakir Daulay kecil terlihat bahagia berpose bersama pimpinan pondoknya, Ustaz Yusuf Mansur, dalam foto tersebut.

Dalam unggahan lain, Syakir Daulay mengungkap momen ketika disuapi Ustaz Yusuf Mansur. Ia merasa sangat berterima kasih kepada guru-guru yang sudah mengajarinya berbagai ilmu agama hingga menjadi seperti sekarang.

Syakir Daulay rupanya memang sudah akrab dengan berbagai kegiatan keagamaan sejak masih tinggal di Aceh. Ia diketahui rajin ikut lomba azan dan tilawah hingga beberapa kali meraih juara.

Beberapa prestasi yang pernah diraih Syakir Daulay adalah Juara I Lomba Azan Hari Anak Nasional yang digelar DPD PKS Bireuen dan Juara II MTQ Putra Tingkat SD/MI se-UPTD Kecamatan Jeumpa pada tahun 2009 silam.

Editor: Nur Khotimah

Tag:  #jadi #imam #salat #idulfitri #syakir #daulay #ternyata #alumni #pondok #pesantren #ternama

KOMENTAR