Kapan Puncak Arus Balik Mudik Lebaran 2024? Ini Waktu Terbaik Kembali ke Kota Bebas Macet!
Kapan Puncak Arus Balik Mudik Lebaran 2024? Ini Waktu Terbaik Kembali ke Kota Bebas Macet! (Pixabay.com/al-grishin)
18:53
10 April 2024

Kapan Puncak Arus Balik Mudik Lebaran 2024? Ini Waktu Terbaik Kembali ke Kota Bebas Macet!

Bagi para pemudik, di samping menikmati hidangan lebaran, pikiran mengenai puncak arus balik tentu tak bisa dihindarkan. Pasalnya, terjebak di arus kemacetan bisa membuat perjalanan bertambah selama beberapa jam. Penting untuk mengetahui kapan puncak arus balik mudik lebaran 2024.

Namun, dengan beberapa rekayasa jalur transportasi yang sudah disiapkan, pihak Jasa Marga sudah bersiap dengan hal tersebut sehingga diharapkan bahwa kemacetan bisa dihindarkan.

Puncak arus balik mudik lebaran 2024

Budi Karya Sumardi selaku Menteri Perhubungan (Menhub) menyampaikan bahwa puncak arus balik mudik lebaran 2024 diperkirakan terjadi pada H+3 lebaran atau hari Minggu, 14 April 2024. Pada hari ini diperkirakan akan ada 21,16% perjalanan balik atau sekitar 40,09 juta orang.

Badan Pusat Statistik (BPS) dan Badan Kebijakan Transportasi (BKT) memprediksi bahwa pergerakan nasional arus balik mudik lebaran 2024 akan mencapai 193,6 juta orang atau 71,7 persen dari jumlah penduduk RI.

Dari jumlah tersebut 18,3 persen atau sekitar 35,42 juta orang diprediksi akan naik mobil pribadi. Oleh karena itu, sebisa mungkin sebaiknya hindari mudik di waktu-waktu yang disukai, yaitu pagi dan malam.

Meski hari Minggu merupakan puncak arus balik mudik lebaran 2024, kepadatan diprediksi masih bertahan sampai hari Senin, 15 April 2024 mengingat pada hari tersebut masih berlaku cuti bersama.

Kapan waktu terbaik untuk balik mudik lebaran 2024?

Waktu terbaik untuk balik dari mudik lebaran tentu saja dengan menghindari puncak arus balik. Anda bisa berangkat lebih cepat atau lebih lama.

Supaya lebih efektif, hindari memulai perjalanan di hari libur atau weekend. Namun, jika tidak memungkinkan, gunakanlah beberapa jalur alternatif.

Selain memilih waktu yang tepat, pihak Jasa Marga menyarankan supaya pemdik memanfaatkan potongan tarif tol hingga 20 persen. Pada arus balik, potongan ini berlaku mulai dari hari Rabu, 17 April 2024 pukul 05.00 WIB sampai hari Jumat, 19 April 2024 pukul 05.00 WIB.

Namun, jika Anda terpaksa harus mengikut puncak arus mudik, pastikan bahwa kondisi tubuh dan kendaraan dalam keadaan prima. Dengan begitu, Anda bisa meminimalkan segara risiko yang tidak diinginkan.

Demikian informasi mengenai prediikisi puncak arus balik mudik lebaran 2024, semoga membantu perjalanan Anda supaya terhindar dari macet panjang.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #kapan #puncak #arus #balik #mudik #lebaran #2024 #waktu #terbaik #kembali #kota #bebas #macet

KOMENTAR