Kapan Sholat Idul Fitri 2024? Lebaran Muhammadiyah dan Pemerintah Diprediksi Bisa Serentak!
Kapan Sholat Idul Fitri 2024? Lebaran Muhammadiyah dan Pemerintah Diprediksi Bisa Serentak! (pexels)
15:52
9 April 2024

Kapan Sholat Idul Fitri 2024? Lebaran Muhammadiyah dan Pemerintah Diprediksi Bisa Serentak!

Semakin mendekati waku Idul Fitri, animo masyarakat semakin terasa. Namun sidang isbat yang dilaksanakan pemerintah untuk melihat kapan datangnya hari kemenangan ini baru akan dilaksanakan tangal 10 April mendatang. Lalu kapan sholat Idul Fitri untuk versi Muhammadiyah dan pemerintah?

Sholat Idul Fitri atau sholat Ied dilaksanakan pada hari H waktu tibanya Idul Fitri. Ibadah ini bersifat sunah, dan biasa dilakukan bersama dengan sanak famili sebagai pertanda berakhirnya bulan Ramadan.

Sholat Idul Fitri 2024 Versi Muhammadiyah

Muhammadiyah sendiri sebanarnya telah menetapkan kapan 1 Syawal 1445 tiba sejak cukup lama, melalui Maklumat Nomor 1/MLM/I.0/E/2024 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1445 Hijriah.

Dalam maklumat yang diterbitkan tersebut, Idul Fitri 2024 versi Muhammadiyah akan jatuh pada hari Rabu, 10 April 2024 mendatang. Artinya, sholat Idul Fitri akan dilaksanakan besok, 10 April 2024 pagi di masing-masing masjid atau tempat yang telah ditentukan.

Hal ini mengacu pada pernyataan PP Muhammadiyah, bahwa pada tanggal 9 April 2024 di Yogyakarta telah tampak hilal yang menjadi penanda yang dinantikan. Pernyataan ini diungkapkan pada tanggal 12 Januari 2024 lalu, berdasarkan metode yang digunakan.

Lalu Kapan Versi Pemerintah?

Kantor Wilayah Kementerian Agama Kepulauan Bangka Belitung memprediksi 1 Syawal 145 Hjriah jatuh pada Rabu, 10 April 2024 besok. Pasalnya pada saat ini posisi hilal sudah berada di batas ufuk atau berada di atas ketinggian 3 derajat.

Itu artinya, lebaran Idul Fitri pemerintah bisa serentak dengan Muhammadiyah. Meski demikian keputusan akhir akan diumumkan melalui sidang isbat.

Untuk pemerintah sendiri penetapan 1 Syawal 1445 akan menggunakan metode sidang isbat, yang dilakukan dengan mengamati langsung hilal di sudut yang telah ditentukan. Ketika hilal dinilai sudah tampak dan memenuhi syarat pergantian bulan baru, maka 1 Syawal 1445 akan segera diumumkan.

Sidang isbat ini sendiri rencananya baru akan dilaksanakan pada Selasa , 9 April 2024 mendatang, sehari sebelum perayaan Idul Fitri versi Muhammadiyah. Tentu hal ini berarti kemungkinan besar Idul Fitri versi pemerintah akan tiba bersamaan dengan versi Muhammadiyah, yang memang cukup jarang terjadi.

Untuk jadwal pelaksanaan sidang isbat penetapan 1 Syawal 1445 H sendiri adalah sebagai berikut.

  • Hari/Tanggal, Selasa, 29 Ramadan 1445 H atau 9 April 2024
  • Waktu: dimulai pada pukul 01.20 WIB
  • Lokasi: Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kemenag RI, Jalan MH Thamrin, Jakarta
  • Sifat: Tertutup

Sidang rencananya akan dihadiri oleh Komisi VIII DPR RI, pimpinan MUI, duta besar negara sahabat, perwakilan beberapa ormas Islam, serta Tim Hisab Rakyat Kementerian Agama.

Itu tadi sekilas tentang jawaban atas pertanyaan kapan sholat Idul Fitri 2024 akan dilaksanakan. Semoga menjadi artikel yang berguna untuk Anda, dan selamat melaksanakan ibadah puasa menjelang pergantian bulan kalender Hijriah!

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #kapan #sholat #idul #fitri #2024 #lebaran #muhammadiyah #pemerintah #diprediksi #bisa #serentak

KOMENTAR