6 Keburukan ENTJ, Salah Satunya Bisa Jadi Sosok yang Dingin dan Kejam
Kepribadian ENTJ (Sumber: 16 personalities)
16:28
7 April 2024

6 Keburukan ENTJ, Salah Satunya Bisa Jadi Sosok yang Dingin dan Kejam

Setiap tipe kepribadian yang diidentifikasikan oleh Myers Briggs Type Indicator (MBTI) punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tak terkecuali tipe kepribadian Ekstravert, Intuitive, Thinking, Judging (ENTJ).

ENTJ cenderung melihat sesuatu secara hitam dan putih saja. Dalam hubungan pribadi mereka biasanya adil, terukur dan mendukung orang lain.

ENTJ berkembang ketika mereka memiliki peluang untuk menetapkan tujuan jangka panjang dan membuat keputusan yang sangat analitis. Akibatnya, mereka sering kali berhasil dengan baik dalam peran kepemimpinan dengan tingkat stres yang tinggi.

Namun apakah ENTJ memiliki keburukan yang tersembunyi di atas kelebihan yang dimilikinya? Menurut 16personalities yang dikutip oleh (7/4) bahwa tipe kepribadian ini juga memiliki enam keburukan, yakni sebagai berikut:

1. Keras Kepala dan Dominan

Terkadang kepercayaan diri dan kemauan keras ENTJ bisa berlebihan. Kepribadian ENTJ sangat mampu berusaha sekuat tenaga, berusaha memenangkan setiap perdebatan, dan hanya memaksakan visinya tanpa mempertimbangkan masukan orang lain.

2. Intoleran 

Orang dengan tipe kepribadian ENTJ terkenal tidak mendukung ide-ide yang mengalihkan perhatian dari tujuan utama mereka.

Terlebih lagi ide-ide yang didasarkan pada pertimbangan emosional. Mereka tidak akan ragu untuk menjelaskan fakta tersebut kepada orang-orang di sekitar mereka.

3. Ketidaksabaran

Beberapa orang membutuhkan lebih banyak waktu untuk berpikir, namun hak itu tidak dapat ditoleransi bagi kepribadian ENTJ yang berpikir cepat.

Mereka mungkin salah menafsirkan kontemplasi sebagai kebodohan atau ketidaktertarikan pada ketergesaan. Hal itu menurut ENTJ merupakan sebuah kesalahan besar yang dilakukan.

4. Sombong

ENTJ menghargai pemikiran yang cepat dan keyakinan yang teguh. Mungkin ENTJ meremehkan mereka yang tidak sejalan.

Ini merupakan tantangan bagi sebagian besar tipe kepribadian lainnya, yang mungkin tidak pemalu, tetapi akan terlihat berbeda dari tipe kepribadian yang terkadang sombong.

5. Penanganan Emosi yang Buruk

Terkadang, kepribadian ENTJ jauh dari ekspresi emosinya sendiri dan terkadang sangat mencemooh orang lain. 

Orang dengan tipe kepribadian ini sering kali menginjak-injak perasaan orang lain, tanpa sengaja menyakiti pasangan dan temannya, terutama dalam situasi yang penuh emosi.

6. Dingin dan Kejam 

Obsesi mereka terhadap efisiensi dan keyakinan teguh pada manfaat rasionalisme, terutama dalam bidang profesional, membuat ENTJ tidak peka dalam mengejar tujuan mereka, menganggap keadaan, kepekaan, dan preferensi pribadi sebagai hal yang tidak rasional atau tidak relevan.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #keburukan #entj #salah #satunya #bisa #jadi #sosok #yang #dingin #kejam

KOMENTAR