Camillia Azzahra Sengaja Lepas Hijab Saat Ramadhan, Atalia Praratya Pasrah dan Cuma Berharap Ini
Atalia Praratya dan Camillia Azzahra. [Instagram]
16:08
7 April 2024

Camillia Azzahra Sengaja Lepas Hijab Saat Ramadhan, Atalia Praratya Pasrah dan Cuma Berharap Ini

Lewat unggahan Instagram-nya yang sudah mendapat 37 ribu lebih komentar, Camillia Laetitia Azzahra mengungkap kemantapannya untuk melepas hijab.

Putri satu-satunya Ridwan Kamil dan Atalia Praratya itu bahkan mengaku sengaja memilih momentum bulan Ramadhan untuk mengumumkan keputusan besar tersebut.

Setelah banyak pertimbangan dan diskusi yang sangat amat panjang dengan keluarga aku, aku memutuskan untuk melepas kerudungku,” tulis Zara, dikutip pada Minggu (7/4/2024).

Jangan menyalahkan orangtuaku. Mereka mendidik aku untuk menjadi perempuan cerdas, berkarakter, dan beragama, dan ini semua adalah pilihanku sendiri. Aku memilih momentum di mana orangtuaku sedang dalam masa ‘tenang’ di dunia mereka dan juga bulan suci Ramadan,” imbuhnya di slide berbeda.


Jelas keputusan adik almarhum Emmeril Kahn Mumtaz ini menuai pro dan kontra. Bahkan keputusan Zara untuk mempublikasikan perjalanan spiritualnya tersebut juga membuat sang ibu terkejut.

Namun Atalia menegaskan, dirinya dan Kang Emil selalu meminta agar Zara mencari pemahaman agama dengan sebaik-baiknya. Tentu saja agama yang dimaksud adalah Islam sebagaimana yang mereka anut selama ini.

“Zara ini sama saya dan Kang Emil dikasih satu syarat, dia wajib mencari tahu kedalaman agama yang kita harapkan,” tegas Atalia, dikutip dari akun TikTok @sekitarbandungcom.

Atalia Praratya dan Camillia Azzahra. [Instagram]Atalia Praratya dan Camillia Azzahra. [Instagram]


Menurut Atalia, anak gadisnya itu mungkin salah melihat contoh. “Mungkin di sekitar dia bahwa ternyata yang menggunakan hijab nggak semua baik, jadi salah melihat contoh mungkin begitu,” kata Atalia.

“Jadi saya katakan, ‘Zara harus mencari’. Nah sekarang dia malah semakin dalam, itu yang saya bersyukur. Semakin dia mengambil proses ini, semakin dia mencari tahu, mengkaji lagi, mendalami lagi,” imbuhnya.

Hanya satu harapan Atalia di tengah proses perjalanan spiritual mahasiswi Newcastle University tersebut. “Saya hanya berharap, mudah-mudahan dia tidak menanyakan kepada orang yang salah,” pungkasnya.


Respons kedua orang tua Zara memang cenderung tenang hingga dibanjiri banyak pujian. Meski begitu, Ridwan Kamil selaku sang ayah ternyata sudah bertolak ke Inggris demi menemui Zara yang menghadapi pergolakan besar.

Salut sih sama orangtuanya bijak banget. Keliatan kecewa tapi ga juga seperti marah sampai ga peduli lagi sama anaknya,” puji warganet.

Makanya dulu Eril mau nemenin Zara kuliah di Luar Negeri kan..” komentar warganet lain.

Sedang proses mencari jati diri.. kalau dasarnya sudah ada ilmu agama inshaAllah akan kembali lagi menjadi Muslim yang jauh lebih baik.. salut sama orangtuanya yang tidak menjudge anaknya,” timpal yang lainnya.

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #camillia #azzahra #sengaja #lepas #hijab #saat #ramadhan #atalia #praratya #pasrah #cuma #berharap

KOMENTAR