Mau Mudik Penuh Berkah? Lakukan 6 Cara dari Ulama Ini
Ilustrasi mudik lebaran 2024 (envato/Garakta-Studio)
15:33
6 April 2024

Mau Mudik Penuh Berkah? Lakukan 6 Cara dari Ulama Ini

Mudik memang menjadi tradisi Lebaran Idul Fitri yang sudah dilakukan bertahun-tahun. Selain tradisi, mudik juga bisa jadi ladang pahala jika diisi dengan hal-hal bermanfaat. 

Melansir laman NU Online, Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Bidang Keagamaan KH Ahmad Fahrur Rozi (Gus Fahrur) memberikan 6 tips mudik penuh berkah, apa saja?

1. Niat Silaturahmi

Ilustrasi silaturahmi (Freepik/Odua)Ilustrasi silaturahmi (Freepik/Odua)

Menurut Gus Fahrur, pemudik harus memiliki niat yang baik untuk menjalin silaturahmi dengan sanak saudara dan orang tua di kampung halaman. 

"Ini sangat besar faedah dan pahalanya, apalagi untuk mengunjungi orang tua yang termasuk kategori birrul walidain. Besar pahalanya dan mendatangkan banyak keberkahan hidup dunia akhirat," kata Gus Fahrur kepada NU Online, Senin (17/4/2023).

2. Salat Sunnah Safar 

Gus Fahrur juga mengingatkan para pemudik agar melaksanakan salat sunnah safar sebelum melangsungkan perjalanan ke kampung halaman. 

3. Perbanyak Amal Saleh

Saat berada di perjalanan, seorang pemudik hendaknya memperbanyak amal saleh. Salah satunya dengan menolong orang yang membutuhkan.

4. Salat dan Berdzikir

Sepanjang perjalanan, berzikirlah pada Allah agar lebih berkah.  

"Jangan meninggalkan shalat. (sepanjang perjalanan) sambil berzikir kepada Allah juga mendapat pahala," ungkapnya. 

5. Salat Sunnah Safar di Daerah Tujuan

Ilustrasi salat Idulfitri (Freepik/yurijeka)Ilustrasi salat Idulfitri (Freepik/yurijeka)

Setibanya di daerah tujuan, Gus Fahrur mengingatkan agar pemudik kembali melaksanakan salat sunnah safar di masjid sebelum masuk ke rumah. 

6. Berbagi

Kebaikan lain saat mudik adalah berbagi. "Jangan lupa berbagi bagi yang mampu. Semuanya itu mendapatkan pahala dank ebaikan," pungkas Gus Fahrur.

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #mudik #penuh #berkah #lakukan #cara #dari #ulama

KOMENTAR