Bukan Hal Baru, Anies Baswedan Sudah Pernah Singgung Bahasa Indonesia Miskin Kosakata
Capres nomor urut satu, Anies Baswedan saat mengikuti sidang perdana perselisihan hasil Pilpres 2024 di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Kamis (27/3/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
15:15
6 April 2024

Bukan Hal Baru, Anies Baswedan Sudah Pernah Singgung Bahasa Indonesia Miskin Kosakata

Artis Cinta Laura dan YouTuber Indah Gunawan alias Indah G mendadak jadi perbincangan publik usai obrolan mereka terkait kosakata Bahasa Indonesia.

Dalam cuplikan video podcast The Indah G Show yang beredar luas di Twitter (X), mereka membahas soal Bahasa Indonesia yang miskin kosakata.

"Bahasa Indonesia itu sebenarnya adalah bahasa yang miskin kosakata, dan itu sangat benar, terutama dibandingkan dengan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris," ujar Indah G.

Penyataan Indah G itu sontak menimbulkan kritik dari netizen. Tak sedikit yang berseberang pendapat dengan wanita lulusan Loyola Marmount University itu.

Namun sebenarnya, topik mengenai Bahasa Indonesia yang miskin kosakata itu bukanlah hal baru. Anies Baswedan sendiri pernah menyinggung hal tersebut saat hadir di podcast Close The Door Deddy Corbuzier pada 2019 lalu.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI itu menyoroti fenomena masyarakat sekarang yang berbicara dengan mencampur adukkan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Salah satu akar masalahnya, menurut Anies adalah kurangnya kosakata di Bahasa Indonesia. "Yang kita harus dorong ini Bahasa Indonesia harus diperkaya, supaya kosakata lebih banyak, karena memang bahasa muda," bebernya.

"Bahasa Inggris itu bro, tau berapa kosakatanya? 1 juta. Kita 100 (ribu) lebih. Nah kita harus nambahin," lanjutnya.

Karena itu, saat masih menjabat sebagai menteri, mereka membuat program agar orang-orang bisa mengusulkan kosakata baru. Caranya, Kemendikbud membuat website khusus untuk mendaftarkan kosakata yang diserap dari bahasa daerah.

"Tidak ada bangsa lain di dunia yang punya kekayaan bahasa daerah seperti kita, kenapa ga diserap? Karena banyak bahasa Indonesia tidak punya terjemahannya. Misal unyeng-unyeng," terang Anies saat itu.

Editor: Yasinta Rahmawati

Tag:  #bukan #baru #anies #baswedan #sudah #pernah #singgung #bahasa #indonesia #miskin #kosakata

KOMENTAR