Pendidikan Indah G, YouTuber yang Disorot Usai Sebut Bahasa Indonesia Miskin Kosakata
Indah G. [Instagram/itsindahg]
09:49
6 April 2024

Pendidikan Indah G, YouTuber yang Disorot Usai Sebut Bahasa Indonesia Miskin Kosakata

Indah G kembali menjadi sorotan usai menyebut bahasa Indonesia miskin kosakata. Hal ini disampaikannya saat berbincang dengan Cinta Laura dalam sebuah podcast yang kini viral.

Keduanya memang dikenal sebagai tokoh publik yang kerap berbicara dalam bahasa Inggris. Indah G sendiri mengaku jika bahasa Indonesia-nya dianggap berbelit oleh beberapa orang.

Indah kemudian mengatakan bahwa benar adanya jika bahasa Indonesia miskin kosakata. Ia pun membandingkannya dengan bahasa lain, seperti Arab dan Inggris.

"Bahasa Indonesia itu sebenarnya bahasa yang miskin kosakata dan ini benar banget, terutama kalau dibandingkan dengan bahasa Arab atau bahasa Inggris. Kita punya kepraktisan budaya, kayak gimana caranya gue menyampaikan sesuatu dengan cepat dan mudah, jadi malas," kata Indah.

Pernyataannya itu lantas membuat namanya kembali disorot dan masuk jajaran trending topic X. Di sisi lain, pendidikan Indah G yang sebut bahasa Indonesia miskin kosakata ikut disorot.

Pendidikan Indah G

Pemilik nama asli Indah Gunawan itu diketahui merupakan lulusan Loyola Marymount University (LMU) Los Angeles, California, Amerika Serikat. Ia saat ini dikenal sebagai konten kreator.

Ia memiliki program bernama The Indah G Show yang salah satunya tayang di Youtube. Selain itu, Indah disebut-sebut merupakan seorang feminis yang aktif membela para perempuan di dunia.

Di sisi lain, ia memiliki brand kecantikan bernama Licensed Baddie. Namun, bisnisnya itu sepertinya sedang tidak beroperasi untuk sementara waktu. Hal ini diketahui melalui akun Instagramnya.

Indah G sendiri lahir di Jakarta pada 6 Agustus 1996 atau saat ini berusia 27 tahun. Namanya cukup sering masuk trending topic X karena kerap membuat pernyataan yang dinilai kontroversial.

Salah satunya saat ia mengkritik pemerintah Indonesia yang mengirimkan bantuan ke Palestina. Menurutnya, mengapa hal tersebut tidak diberikan untuk rakyat sendiri.

Pernyataan Anies Baswedan Soal Kosakata Bahasa Indonesia

Seorang warganet setuju dengan pernyataan Indah soal bahasa Indonesia miskin kosakata. Ia pun memperkuat argumen itu dengan video Anies Baswedan saat menghadiri podcast Deddy Corbuzier pada November 2019 silam.

Anies saat itu mengatakan bahwa bahasa Indonesia usianya paling muda, sehingga kosakatanya masih sedikit. Ia lantas mengupayakan kata serapan dari bahasa daerah agar jumlahnya menjadi banyak.

"Bahasa Inggris itu bro, tahu berapa kosakatanya? 1 juta. Kita 100 (ribu) lebih. Nah kita harus nambahin," kata Anies.

"Tidak ada bangsa lain di dunia yang punya kekayaan bahasa daerah seperti kita, kenapa enggak diserap? Banyak bahasa Indonesia tidak punya terjemahannya. Misal unyeng-unyeng," lanjut Anies.

Kontributor : Xandra Junia Indriasti

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #pendidikan #indah #youtuber #yang #disorot #usai #sebut #bahasa #indonesia #miskin #kosakata

KOMENTAR