Banyak yang Mengeluhkan Januari Terasa Panjang dan Lama, Ketahui Penjelasan Ilmiahnya
Januari disebut terasa panjang dan lama. (General and Medical)
13:04
15 Januari 2024

Banyak yang Mengeluhkan Januari Terasa Panjang dan Lama, Ketahui Penjelasan Ilmiahnya

- Tahun baru 2024 diiringi dengan semangat baru yang penuh resolusi dan hal-hal yang ingin diraih. Namun, di pertengahan bulan pertama tahun 2024, banyak orang merasa bahwa Januari terasa panjang dan lama.

Salah satunya yang disampaikan oleh warganet dengan akun @Widino di media sosial X yang mengeluhkan panjangnya bulan Januari 2024. “Ngerasa ga sih Januari tuh berasa lama bgt?? Rasanya kek udah jalanin sebulan tapi kenyataan baru tanggal 12,” ujarnya.

Ternyata, terasa panjang dan lamanya bulan Januari banyak dirasakan orang di seluruh dunia dan memiliki penjelasan ilmiah.

Dikutip JawaPos.com dari Newstateman, perasaan tersebut memiliki kaitan dengan ‘hipotesis jam dopamin’. Sebuah penelitian menyatakan bahwa kadar dopamin yang lebih tinggi membuat waktu terasa berjalan lebih cepat.

Dopamin adalah hormon yang dilepaskan oleh otak yang dirangsang oleh kesenangan, kepuasan, pencapaian, dan hal-hal terkait. Sepanjang bulan November dan Desember, dopamin sering dilepaskan karena persiapan menyambut dan momen melaksanakan liburan.

Sementara setelah kesenangan liburan tersebut, orang-orang dihadapkan dengan Januari yang tidak memiliki hari libur dan berarti dipenuhi dengan pekerjaan dan tugas. Tidak adanya hari libur yang ditunggu-tunggu di bulan Januari juga semakin membuat waktu terasa lebih panjang.

Seorang mahasiswa PhD di UCL, Zhenguang Cai, yang mempelajari persepsi waktu, mengatakan bahwa ada kemungkinan memulai kembali pekerjaan setelah liburan akhir tahun menyebabkan banyak kebosanan.

“Kebosanan yang terjadi dibandingkan dengan kesenangan selama liburan akhir tahun memberikan kesan bahwa waktu melambat di bulan Januari,” katanya.

Belum lagi, karena Januari 2024 memiliki 31 hari yang dimulai pada Senin, sehingga usai hari libur tahun baru, orang-orang harus segera kembali ke rutinitas semula.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #banyak #yang #mengeluhkan #januari #terasa #panjang #lama #ketahui #penjelasan #ilmiahnya

KOMENTAR