Apakah Rokok Herbal Lebih Aman dari Rokok Biasa?
Ilustrasi rokok - Apakah Rokok Herbal Lebih Aman dari Rokok Biasa? (pexels)
13:00
15 Januari 2024

Apakah Rokok Herbal Lebih Aman dari Rokok Biasa?

Variasi rokok semakin banyak dan tersedia di pasar secara bebas. Selain rokok konvensional yang menggunakan tembakau, ada pula rokok herbal yang tersedia. Tapi kemudian apakah rokok herbal lebih aman dari rokok konvensional?

Secara umum, rokok ini memang diklaim lebih aman sebab memiliki kandungan bahan alami di dalamnya. Dikabarkan juga penggunaan rokok ini dapat membantu seseorang menghentikan kebiasaan merokok seiring berjalannya waktu.

Tapi apa benar demikian?

Fakta Rokok Herbal

Secara praktis dan sederhana, rokok herbal menghilangkan efek adiksi yang muncul dari kebiasaan kurang sehat ini. Berbeda dengan rokok konvensional, rokok herbal justru bisa membantu seseorang untuk berhenti merokok.

Namun ada juga beberapa hal lain yang wajib diperhatikan terkait rokok herbal ini.

  • Pertama, rokok herbal tetap memiliki kandungan zat berbahaya. Meski bukan dalam bentuk nikotin, kandungan herbal di dalamnya yang dibakar akan menghasilkan karbon monoksida dan tar yang beracun untuk tubuh.
  • Kedua, rokok herbal tetap memberikan dampak negatif untuk tubuh. Paparan zat berbahaya seperti yang disebutkan di atas bisa merusak dinding saluran pernapasan dan pembuluh darah. Efeknya juga bisa dirasakan oleh perokok pasif disekitarnya.
  • Ketiga, bersifat karsinogenik. Tidak sedikit penelitian yang mengungkapkan bahwa rokok herbal juga memiliki sifat karsinogenik seperti rokok tembakau.

Jika dilihat fakta-fakta ini, mungkin masih banyak masyarakat Indonesia yang mempercayai bahwa rokok herbal memiliki risiko yang lebih rendah daripada rokok konvensional. Meski demikian fakta di atas tidak boleh dikesampingkan, dan tetap terdapat risiko kesehatan yang ditanggung oleh penggunanya.

Rizki dari Rokok Herbal

Nama Ustaz Solmed kemudian muncul pada pembahasan ini, karena ternyata beliau merupakan salah satu pelaku bisnis rokok herbal. Dengan merk dagang SIN, produk rokok herbal yang ditawarkannya laris manis di pasaran.

Masyarakat luas yang menjadi konsumennya percaya bahwa penggunaan rokok herbal seperti yang dijual dalam merk dagang SIN ini memiliki efek yang lebih ‘ringan’ daripada rokok konvensional yang tidak memiliki predikat herbal.

Ustaz Solmed ternyata membangun bisnis ini tidak dalam waktu instan. SIN sendiri adalah merk dagang yang dimilikinya, dan mempunyai cukup banyak produk lain selain rokok herbal. Misalnya seperti kopi, susu kesehatan, hingga berbagai jenis jamu alami.

Itu tadi sekilas tentang fakta apakah rokok herbal lebih aman dari rokok konvensional atau tidak. Jika dibandingkan, memang risiko kesehatannya sedikit lebih ringan. Tapi yang harus diingat adalah tetap ada risiko kesehatan yang harus ditanggung, dan disadari oleh penggunanya. Tentu artikel ini dibuat tanpa bermaksud mendiskreditkan pihak manapun, dan sekedar sebagai informasi belaka.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #apakah #rokok #herbal #lebih #aman #dari #rokok #biasa

KOMENTAR