Pendidikan-Prestasi Nirina Zubir yang Diteriaki 'Siapa Anda di Republik Ini', Bukan Keturunan Sembarangan
Nirina Zubir peroleh kembali 4 sertifikat tanah (Instagram/@nirinazubir_)
18:51
4 April 2024

Pendidikan-Prestasi Nirina Zubir yang Diteriaki 'Siapa Anda di Republik Ini', Bukan Keturunan Sembarangan

Aktris Nirina Zubir santer menjadi sorotan karena terlibat perselisihan di muka umum dengan pengacara mantan asisten rumah tangga (ART) mendiang ibunya, Riri Khasmita dalam kasus mafia tanah.

Bahkan sang pengacara mafia tanah itu sampai meneriaki Nirina dengan kalimat “Siapa Anda di Republik Ini?” Video cekcok antara Nirina Zubir dan lawyer mafia tanah itu pun viral di media sosial. Terlebih adu mulut keduanya terjadi di hadapan wartawan karena tengah melakukan sesi wawancara dengan Nirina usai sidang.

Setelah videonya viral, Nirina justru menunjukkan sikap balasan yang menuai pujian dari masyarakat. Ia membuat video untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Dalam video diunggah di Instagram @nirinazubir_ pada 3 April 2024, Nirina tampak lebih tenang. Ia juga menunjukkan wajah senang dan mengajak berkenalan kembali dengan pengacara pihak Riri Khasmita tersebut.

"Perkenalkan pak, nama saya Nirina Raudatul Jannah. Tapi kalau di dunia entertainment orang tahunya saya, Nirina Zubir," ujar Nirina dengan santun memperkenalkan dirinya.

Ia kemudian melanjutkan, "Zubir itu nama bapak saya, pak. Saya bangga sama bapak saya, makanya saya pakai nama Nirina Zubir. Harapannya juga saya bisa membuat bapak saya bangga juga sama saya."

Lantas, seperti apakah pendidikan dan prestasi Nirina Zubir? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Pendidikan dan Prestasi Nirina Zubir

Nirina Zubir. (Dini/Suara.com)Nirina Zubir. (Dini/Suara.com)

Pemilik nama lengkap Raudatul Jannah Zubir ini bukan orang sembarangan. Selain dikenal sebagai artis, sosoknya ternyata merupakan seorang putri diplomat yang semasa hidupnya kerap berpindah-pindah negara.

Namun Nirina dan pihak keluarganya akhirnya kembali ke Tanah Air setelah lulus SMA. Nirina kemudian mendaftar untuk berkuliah dan ternyata sempat diterima di Fakultas Seni Rupa Institut Teknologi Bandung (ITB).

Sayangnya sang ayah, almarhum Zubir Amin, tidak menyetujui pilihan pilihan putrinya. Nirina kemudian diarahkan untuk memilih jurusan kuliah yang lebih pasti pekerjaannya, seperti jurusan yang bisa kerja di bank, dokter, atau menjadi arsitek.

Nirina Zubir pun akhirnya ganti haluan. Ia menempuh pendidikan di Manajemen Perbankan STIE Perbanas. Usai lulus, Nirina mulai menapaki karier menjadi penyiar radio dan VJ MTV. Sampai akhirnya ia sukses menjadi artis film.

Melalui film" 30 Hari Mencari Cinta", Nirina Zubir bahkan mendapatkan penghargaan sebagai Most Favourite Actress MTV Indonesia Movie Awards tahun 2004.

Namanya kian melejit setelah ia mendapatkan peran dalam film "Heart" pada tahun 2006. Film itu mengantarkannya mendapatkan penghargaan Festival Film Indonesia tahun 2007 sebagai Pemeran Utama Wanita Terbaik. Ditambah penghargaan Pemeran Utama Wanita Terpuji Film Bioskop Festival Film Indonesia pada tahun yang sama.

Penghargaan lain yang pernah didapuk Nirina Zubir adalah piala penghargaan tahun 2018 dengan kategori Pemeran Utama Wanita Terpuji Film Bioskop Festival Film Bandung dan Pemeran Utama Wanita Terfavorit Indonesian Movie Actors Awards.

Ia juga pernah mendapatkan penghargaan Pemeran Utama Wanita Terbaik Indonesia Movie Actors Awards tahun 2019.

Kontributor : Syifa Khoerunnisa

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #pendidikan #prestasi #nirina #zubir #yang #diteriaki #siapa #anda #republik #bukan #keturunan #sembarangan

KOMENTAR