8 Tanda Hubunganmu Masih Layak untuk Diselamatkan, Yakin Mau Putus?
Ilustrasi pasangan./ Sumber foto: freepik
11:28
3 April 2024

8 Tanda Hubunganmu Masih Layak untuk Diselamatkan, Yakin Mau Putus?

Apakah kamu sedang bimbang dengan hubungan yang kamu dijalani? Bahkan berniat mengakhiri hubungan?

Tunggu dulu, mengambil keputusan untuk tetap melanjutkan atau mengakhiri suatu hubungan memang cukup sulit dilakukan, apalagi saat kamu merasa dilema.

Untuk itu, pahami beberapa tanda yang menunjukkan bahwa hubungan kamu masih layak untuk menyelamatkan.

Dikutip dari Marriage.com, Rabu (3/4), inilah beberapa tanda yang menunjukan bahwa hubungan kamu dan pasangan masih layak untuk dipertahankan.

1. Saling Menghormati

Saling menghormati adalah landasan dari setiap hubungan yang sehat.

Menghargai individualitas, pendapat, dan ruang pribadi satu sama lain sangat penting dalam menentukan cara mengetahui apakah suatu hubungan layak diselamatkan.

Jika dalam hubunganmu terdapat sikap saling pengertian dan pengakuan atas nilai satu sama lain, hal ini dapat menandakan sebuah fondasi yang mungkin layak untuk dibangun pada hubungan kalian.



2. Memiliki Nilai dan Tujuan yang Sama

Menyelaraskan keputusan besar dalam hidup dan nilai-nilai inti sangatlah penting.

Jika kamu dan pasangan memiliki tujuan dan nilai yang sama, hal itu menyederhanakan banyak pilihan dan arah hidup. Hal ini merupakan kunci dalam menilai bagaimana cara menyelamatkan suatu hubungan, karena hal ini menjadi dasar bagi masa depan kalian.

3. Komunikasi yang Terbuka

Kemampuan berkomunikasi secara terbuka, jujur, dan tanpa rasa takut sangatlah penting.

Komunikasi yang efektif memudahkan dalam pemahaman dan pemecahan masalah. Hal ini sangat penting dalam memutuskan apakah ada gunanya menyelamatkan hubungan yang tegang.

Jika kamu dan pasangan dapat berkomitmen terhadap keterbukaan dan dialog yang jujur, terdapat potensi perubahan dalam hubungan yang bermakna.

4. Adanya Kepercayaan


Kepercayaan merupakan landasan dari setiap hubungan yang bermakna.

Bahkan, penelitian telah membuktikan bahwa kurangnya kepercayaan dapat menciptakan atau memperburuk berbagai masalah lain dalam suatu hubungan.

Jika kamu memiliki keyakinan terhadap tindakan dan niat pasanganmu serta merasa aman dalam hubungan tersebut, hal ini mencerminkan tingkat kepercayaan yang menunjukkan bahwa hubungan tersebut mungkin dapat diselamatkan.

Membangun kembali kepercayaan yang hilang adalah langkah penting dalam menentukan cara menyelamatkan suatu hubungan.



5. Upaya dari Kedua Belah Pihak

Kesanggupan antara kamu dengan pasangan untuk berusaha menjalin hubungan tidak bisa disepelekan.

Komitmen bersama untuk membuat segala sesuatunya berjalan baik adalah tanda yang jelas bahwa melewati masa-masa sulit bersama adalah hal yang bermanfaat.

6. Adanya Keamanan Fisik Maupun Emosional


Merasa aman dan didukung secara fisik maupun emosional sangatlah penting dalam menjalin hubungan.

Hubungan yang sehat harus memberikan perlindungan kenyamanan dan keamanan.

Apabila kamu dan pasangan merasakan keamanan tersebut, hal ini menunjukkan bahwa adanya nilai hubungan dan potensi yang dapat diselamatkan.

7. Menikmati Kebersamaan

Keinginan untuk menikmati kebersamaan satu sama lain dalam suka maupun duka menjadi faktor penting dalam kelanggengan hubungan.

Jika kamu menemukan kegembiraan dan penghiburan dalam kebersamaan meski menghadapi tantangan, hal ini menjadi pertanda penting bahwa hubungan kalian memiliki nilai yang berarti dan layak untuk diselamatkan.

8. Adanya Pengembangan Diri

Hubungan yang bermanfaat mendorong pertumbuhan pribadi dan pengembangan bersama.

Jika bersama pasangan membuatmu menjadi orang yang lebih baik dan mendukung perkembanganmu, hal ini menjadi tanda positif bahwa hubungan kalian memiliki dampak yang membangun pada hidupmu dan layak untuk diselamatkan.

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #tanda #hubunganmu #masih #layak #untuk #diselamatkan #yakin #putus

KOMENTAR