Gaji Marsdya Tonny Harjono, Eks Ajudan Jokowi yang Kini Sukses Jadi KSAU
Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Pangkoopsudnas) Marsdya TNI Mohamad Tonny Harjono (tengah), bersama Panglima Komando Operasi Udara I (Pangkoopsud I) Marsma TNI Mohammad Nurdin (kiri), serta mantan Pangkoopsud I Marsda TNI Bambang Gunarto (kanan) usai menghadiri upacara serah terima jabatan (sertijab), di Makoops Udara I, Jakarta, Senin, (27/11/2023). (ANTARA/Rio Feisal)
19:27
2 April 2024

Gaji Marsdya Tonny Harjono, Eks Ajudan Jokowi yang Kini Sukses Jadi KSAU

Marsekal Madya atau Marsdya TNI Mohamad Tonny Harjono tak lama lagi bakal menikmati puncak kariernya usai ditunjuk menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Udara atau KSAU menggantikan Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Publik akhirnya menerka-nerka jika gaji Tonny Harjono ikut menjadi naik usai mendapat jabatan barunya itu. Tonny sendiri ditunjuk secara langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengemban jabatan besar di Angkatan Udara tersebut.

Tak heran jika Jokowi memilih Tonny Harjono untuk menggantikan Fadjar Prasetyo. Sebab, Tonny telah setia menjadi ajudan Jokowi setelah sekian lama.

Lantas, berapa gaji Tonny Harjono sebelum dan sesudah ditunjuk sebagai KSAU?

Gaji Tonny Harjono saat jadi 'pelindung' Jokowi

Tonny Harjono menjabat sebagai ajudan Presiden Joko Widodo dari tahun 2014 hingga tahun 2016.

Diketahui pada awal tahun 2017, diketahui pangkat Tonny Harjono kala itu adalah Kolonel Pnb.

Seorang Kolonel TNI AU setiap bulannya bisa menerima gaji pokok dalam rentang Rp3.190.700 hingga Rp5.243.400.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Pertahanan (Permenhan) 33/2017 tentang Penghasilan Prajurit TNI di lingkungan Kementerian Pertahanan dan TNI, Tonny Harjono juga berhak menerima berbagai tunjangan sesuai dengan kelas pangkatnya.

Diangkat jadi KSAU, gaji makin melimpah

Setelah mengabdi sekian lama di TNI AU, Tonny Harjono mendapat kesempatan untuk menjabat sebagai KSAU.

Pengangkatan Tonny Harjono didasari oleh keputusan Jokowi yang telah ditandatangani pada 25 Maret 2024 lalu.

"Presiden telah menandatangani Keppres Nomor 20/TNI/Tahun 2024 tanggal 25 Maret 2024 tentang pemberhentian dengan hormat Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dari jabatannya sebagai KSAU, dan pengangkatan Marsekal Madya TNI Mohamad Tonny Harjono sebagai KSAU yang baru," kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana melalui pesan singkat, Selasa (2/4/2024).

Sayangnya, belum ada jadwal pasti pelantikan sang Marsekal untuk menggantikan Fadjar Prasetyo.

Namun saat ia sudah resmi menyandang jabatan KSAU, Tonny Harjono akan menerima gaji yang melimpah ruah.

Pertama, Tonny Harjono akan menerima gaji pokok sebagai seorang Marsda yang berkisar dari Rp5.079.300 hingga Rp5.750.900, sesuai yang telah ditetapkan di perundang-undangan.

Tonny juga nantinya dapat berhak menerima tunjangan kinerja sebagai KSAU yang mencapai angka fantastis, yakni Rp37.810.500, sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 102 Tahun 2018 tentang Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Sebagai seorang suami, Tonny juga berhak menerima tunjangan suami/istri senilai 10 persen dari gaji pokok TNI dan tunjangan anak yang sejumlah 2 persen dari gaji pokok untuk maksimal 2 anak.

Kontributor : Armand Ilham

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #gaji #marsdya #tonny #harjono #ajudan #jokowi #yang #kini #sukses #jadi #ksau

KOMENTAR