Lebih Aman dan Minim Resiko, 4 Cara Ampuh Membersihkan Kotoran Telinga Tanpa Cotton Buds
ilustrasi membersihkan telinga (sumber:freepik.com)
10:40
31 Maret 2024

Lebih Aman dan Minim Resiko, 4 Cara Ampuh Membersihkan Kotoran Telinga Tanpa Cotton Buds

 

 Penggunaan cotton buds memang tidak dianjurkan untuk membersihkan telinga, lalu dengan cara apa yang baik untuk membersihkan kotoran telinga? 

Untuk diketahui, cotton buds merupakan alat pembersih kecil terbuat dari plastik sebagai gagang dan pada tiap ujungnya terdapat kapas kecil.

Biasanya alat ini umum digunakan masyarakat untuk membersihkan telinga atau make up dengan detail yang kecil.

Karena bahan utama dari cotton buds adalah plastik, tentu alat dengan ukuran kecil ini menjadi penyumbang sampah plastik yang cukup besar karena sifat plastik yang susah terurai dan memakan waktu cukup lama sampai benar-benar hancur.

Selain itu, penggunaan cotton buds untuk membersihkan kotoran telinga juga tidak disarankan oleh para ahli kesehatan.

Hal ini dikarenakan, penggunaan cotton buds, justru dikhawatirkan bisa mendorong kotoran ke dalam telinga. Lalu, dengan cara apa sebaiknya kita membersihkan telinga dengan aman?

Melansir dari metro.co.uk, Minggu (31/3), berikut adalah tips membersihkan kotoran telinga tanpa menggunakan cotton buds.

  1. Kunjungi dokter

Tentu, langkah yang paling tepat ketika telinga Anda terasa tersumbat, segera kunjungi dokter.

Dokter akan mengetahui sejauh mana masalahnya dan apakah Anda memiliki sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Mereka juga dapat memberikan solusi dan menganalisis masalah lainnya.

  1.    Minyak zaitun

Anda juga dapat membersihkan telinga di rumah tanpa perlu ke dokter. Caranya dengan teteskan 2 hingga 3 tetes minyak zaitun ke telinga Anda dua kali sehari selama beberapa hari.

Jangan khawatir jika Anda melihat kotoran telinga di bantal Anda, itu menandakan kotoran telah ‘leleh’ dan keluar dari telinga Anda ketika tidur.

  1. Pelembut kotoran telinga

Pelembut kotoran telinga ini bisa Anda dapatkan di apotek. Obat telinga ini berbentuk cair dan memiliki cara kerja sama seperti minyak zaitun.

 Teteskan cairan ke dalam telinga dan tunggu beberapa saat. Sumbatan pada telinga akan mereda.

  1. Kain hangat

Masukkan jari Anda ke dalam kain hangat, lalu gerakkan di sekitar lekuk telinga Anda tanpa berusaha mendorongnya ke dalam.

Anda tetap akan mendapatkan kepuasan melihat semua kotoran telinga yang telah Anda keluarkan tanpa risiko merusak saluran telinga Anda.

Namun, apakah wajib untuk kita membersihkan kotoran telinga?

Kotoran telinga bukanlah hal yang sepenuhnya buruk atau kotor. Kotoran telinga memiliki fungsi yang cukup penting, yaitu  menjebak debu dan mencegah hal-hal buruk masuk lebih dalam ke telinga.

Telinga juga memiliki kemampuan untuk membersihkan diri dan meregenerasi kulit standar, serta menggerakkan rahangnya, mendorong kotoran telinga yang sudah menumpuk untuk keluar dari lubang telinga sehingga rontok tanpa disadari.

Anda tidak perlu untuk membersihkan kotoran telinga sampai dalam sekali, cukup bersihkan telinga di tempat yang mudah dijangkau untuk menghindari risiko yang malah memperburuk telinga Anda.***

 

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #lebih #aman #minim #resiko #cara #ampuh #membersihkan #kotoran #telinga #tanpa #cotton #buds

KOMENTAR