Tips Redam Emosi saat Mengemudi, Begini Cara Agar Mudik Aman dan Nyaman di Tengah Kemacetan
emosi saat mengemudi./diana.grytsku on freepik
08:40
30 Maret 2024

Tips Redam Emosi saat Mengemudi, Begini Cara Agar Mudik Aman dan Nyaman di Tengah Kemacetan

Menjelang lebaran, sudah banyak yang memulai persiapan untuk mudik. Sebelum berangkat, ada baiknya memperhatikan emosi saat mengemudi.

Kondisi jalanan macet atau kendaraan umum yang berdesakan kerap memancing emosi. Hal ini tentu membuat tidak nyaman selama perjalanan.

Akan tetapi, hal tersebut bukan berarti tak bisa dihindari. Ada banyak tips yang bisa dicoba, karena efektif untuk meredam emosi saat mengemudi.

Jika emosi terkendali, perjalanan mudik tentu akan semakin nyaman meski harus berjuang di tengah kemacetan.

Kendali Sebelum Bepergian

Dilansir dari situs rukita.co, mengendalikan emosi bisa dilakukan sebelum bepergian dan saat di tengah perjalanan.

1. Istirahat Cukup

Hal penting pertama tapi kerap diabaikan adalah istirahat cukup. Kondisi tubuh yang fit akan berpengaruh pada mental pengemudi.

Sebelum bepergian, pastikan cukup tidur atau istirahat dari aktivitas berat.

Berkendara dengan kondisi tubuh yang sehat fisik dan mental akan membuat perasaan lebih nyaman. Selain itu, tidak akan terpancing emosi saat mengemudi di kemacetan.

2. Pahami Rute Perjalanan

Teknologi sudah sangat membantu pengendara memilih rute perjalanan. Sebelum mudik, pengendara bisa memanfaatkan informasi lalu lintas dari berbagai media.

Jika memahami rute perjalanan, maka pengendara juga akan terbantu memilih jalur mudik yang aman dan cenderung minim kemacetan.

Lebih jauh, perjalanan akan lancar dan tentu saja sangat jauh dari kondisi emosional di jalan.

3. Tentukan Waktu

Kondisi tubuh dan info lalu lintas juga bisa menjadi acuan untuk menentukan waktu berangkat mudik.

Jika dirasa masih belum fit, tak ada salahnya menunda waktu bepergian. Selain itu, kondisi jalan yang tidak aman juga tidak direkomendasikan untuk terus ditembus.

Kebanyakan orang memilih waktu mudik sore atau malam hari setelah jam pulang kantor. Pada waktu ini, bisa dibayangkan kepadatan jalan oleh kendaraan.

Maka, menentukan waktu mudik juga bisa menjadi tips untuk mengendalikan emosi saat mengemudi sebelum memutuskan untuk bepergian.

4. Ajak Teman

Jika tidak ada keluarga, ada teman yang mungkin bisa diajak mudik bersama.

Teman selama perjalanan bisa membantu membuat suasana cair dengan ngobrol atau bersenda gurau ringan.

Ngobrol selama perjalanan juga membantu agar tidak mengantuk. Namun, pastikan tetap fokus saat berkendara.

5. Persiapkan Bekal

Bekal yang harus disiapkan bukan hanya berupa camilan atau air putih. Pengendara juga bisa mempersiapkan playlist lagu pilihan sebagai teman selama perjalanan.

Adakalanya perjalanan jauh terasa membosankan. Jika tidak ada teman, lagu pilihan bisa membawa suasana menjadi rileks menghadapi jalanan macet.

Redam Emosi saat Berkendara

Setelah selesai dengan persiapan sebelum bepergian, ada baiknya juga memperhatikan tips berikut untuk meredam emosi saat mengemudi di tengah jalan.

1. Patuhi Aturan Lalu Lintas

Mematuhi aturan lalu lintas akan membuat pengendara tercegah dari bahaya selama perjalanan. Selain itu, mematuhi aturan juga akan membuat perasaan hati lebih tenang.

2. Jangan Terburu-buru

Sejak memutuskan untuk berangkat, pemudik tentu sudah memperhitungkan banyak hal. Salah satunya adalah waktu tempuh.

Maka, berkendaralah dengan tenang dan tidak terburu-buru. Sikap ini akan membantu pengendara menjadi defensif, mau mengalah dan tidak emosional ketika harus bersinggungan dengan kendaraan lain.

3. Istirahat Ketika Lelah

Rasakan kondisi tubuh. Sekiranya terasa lelah atau mengantuk, sebaiknya segera cari rest area atau tempat aman untuk beristirahat.

Kondisi tubuh lelah atau mengantuk bisa menjadi pemicu emosi saat mengemudi. Apalagi, jika harus bersinggungan dengan pengendara lain ketika lelah.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #tips #redam #emosi #saat #mengemudi #begini #cara #agar #mudik #aman #nyaman #tengah #kemacetan

KOMENTAR