Pasanganmu Mendua? Jangan Khawatir! Ini 5 Cara Mengatasi Perselingkuhan dalam Hubungan
Ilustrasi pasangan yang berselisih karena perselingkuhan (Freepik/yanalya)
14:34
29 Maret 2024

Pasanganmu Mendua? Jangan Khawatir! Ini 5 Cara Mengatasi Perselingkuhan dalam Hubungan

 

Mengatasi perselingkuhan yang dilakukan pasangan merupakan hal yang tidak mudah dilakukan, dan sering kali memengaruhi emosi.

Untuk mengatasi perselingkuhan yang dilakukan pasangan, tentunya membutuhkan pertimbangan yang bijaksana dan kemauan untuk menghadapi emosi yang sulit.

Lantas, bagaimana cara mengatasi perselingkuhan dalam hubungan? Simak jawaban yang dikutip dari Marriage.com, Jumat (29/3) berikut ini.

1. Komunikasi yang Terbuka

Mulailah saling berkomunikasi dengan jujur terkait perselingkuhan yang dilakukan pasanganmu.   Percakapan ini harus bersifat non-konfrontatif dan ditujukan untuk memahami alasan di balik perselingkuhan tersebut.

Mengekspresikan perasaanmu dengan jelas dan mendengarkan sudut pandang pasanganmu sangatlah penting.   Hal ini dapat membantu menilai dinamika hubungan dan menentukan apakah ada keinginan bersama untuk menyelesaikan masalah mendasar.  



2. Carilah Bantuan Profesional

Berinteraksi dengan konselor atau terapis hubungan dapat memberikan ruang netral untuk mengeksplorasi penyebab dan akibat dari perselingkuhan.

Bimbingan profesional dapat membantu kalian memahami emosi, berkomunikasi secara efektif, dan mengembangkan strategi penyembuhan.

Selain itu, terapi juga dapat menawarkan dukungan individu untuk memroses perasaan pengkhianatan dan rasa bersalah serta membangun kembali harga diri.

3. Tetapkan Batasan dan Ekspektasi


Setelah kepercayaan dilanggar, penting untuk menetapkan batasan dan ekspektasi baru dalam hubungan.

Hal ini mungkin termasuk menetapkan pedoman yang jelas tentang interaksi, komunikasi, dan komitmen di masa depan.

Membangun kembali kepercayaan adalah proses bertahap yang memerlukan upaya konsisten dan kejujuran dari kalian.  



4. Melakukan Penyembuhan Diri dan Mencari Dukungan


Prioritaskan kesejahteraan emosional dan fisikmu. Kamu dapat terlibat dalam aktivitas yang dapat meningkatkan penyembuhan diri dan mencari dukungan dari teman, keluarga, atau kelompok pendukung.

Penyembuhan dari trauma perselingkuhan tidak hanya tentang hubungan, tetapi juga tentang menjaga kesehatan mental dan menemukan kedamaian dalam dirimu.

5. Renungkan Masa Depan dalam Hubunganmu

Luangkan waktu untuk merenungkan apakah hubungan tersebut dapat diselamatkan dan apakah kamu benar-benar ingin melanjutkannya.

Pertimbangkan faktor-faktor seperti awal-mula hubungan dijalin, tingkat komitmen di antara kalian, dan potensi perubahan.

Keputusan ini harus didasarkan pada pemahaman yang jelas tentang kebutuhan, nilai-nilaimu, dan apakah kepercayaan dapat dibangun kembali secara realistis.   ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #pasanganmu #mendua #jangan #khawatir #cara #mengatasi #perselingkuhan #dalam #hubungan

KOMENTAR