Susah Move On? Ini 8 Tips Supaya Kamu Bisa Melewati Beratnya Masa-Masa Putus Cinta
Ilustrasi orang yang sedang menyendiri dan bersedih karena putus cinta. (Pexels.com)
18:50
26 Maret 2024

Susah Move On? Ini 8 Tips Supaya Kamu Bisa Melewati Beratnya Masa-Masa Putus Cinta

 Setelah putus cinta, setiap orang membutuhkan waktu yang berbeda untuk bisa kembali bangkit dan move on. Namun, rasa cinta yang sudah terlanjur sangat dalam hingga kenangan yang terlalu indah bisa menjadi faktor yang membuat seseorang kesulitan untuk move on.   Jika kamu kesulitan melewati masa-masa yang sulit setelah putus cinta, kamu bisa mencoba tips berikut ini untuk move on. Berikut tips-tipsnya dilansir dari Hello Sehat.   1. Sadari dan Salurkan Emosi   Wajar jika kamu merasakan kecewa, sedih, dan marah. Ketika kamu menyadari perasaan tersebut mulai muncul, sebaiknya kamu jangan mengesampingkannya. Sadari dan terima saja kalau kamu memang benar-benar merasa sedih.  

  Kalau kamu ingin menangis, menangislah. Selain itu, kamu juga bisa menuangkan perasaanmu dengan menulis.   2. Habiskan Waktu dengan Orang Terdekat   Jangan menyendiri berlama-lama! Kamu juga pastinya membutuhkan orang lain untuk sekadar berkeluh kesah. Dukungan moral dari orang terdekat juga sangat membantu untuk melewati masa-masa putus cinta.    Maka dari itu, rencanakanlah waktu untuk kamu habiskan bersama orang-orang terdekatmu. Menghabiskan waktu dengan orang-orang terdekat juga membantumu untuk menyadari bahwa kamu tidak sendiri.  

  3. Mulai Beraktivitas Kembali   Mulailah kembali kepada rutinitasmu sehari-hari. Hal ini bisa membantumu untuk kembali menyusun emosi yang sempat berantakan.    Jika kamu tak terbiasa membuat perencanaan setiap harinya, kamu bisa mencoba merencanakan apa yang akan kamu lakukan setiap harinya. Hal ini dapat membantumu untuk tidak terus-terusan teringat dengan si dia.   4. Lakukan Kegiatan yang Menyenangkan   Saat berpacaran, kamu mungkin sering mengorbankan waktu dan keinginanmu sendiri demi pasangan. Di masa-masa ini, kamu bisa mencoba melakukan hal-hal yang sempat kamu korbankan.  

  Jika kamu punya hobi, maka tekunilah. Kalau kamu suka traveling, kamu bisa mencoba menjelajah tempat-tempat baru. Jika suka memasak, kamu bisa mencoba membuat hidangan yang kamu suka atau belajar mencoba resep baru. Pokoknya lakukan kegiatan yang bisa membuatmu merasa senang.   5. Batasi Kontak dengan Mantan   Hal yang membuat susah move on adalah karena kamu masih suka stalking mantan. Ada baiknya kamu menghentikannya. Kamu bisa melampiaskan rasa penasaranmu terhadap mantan dengan melakukan aktivitas lain.   Hindari juga kontak dengannya, baik secara online ataupun bertemu langsung. Jika memang harus terjadi kontak, lakukan secukupnya saja.  

  6. Jangan Salahkan Diri Sendiri   Saat proses move on, pikiran-pikiran yang cenderung menyalahkan diri sendiri atas kandasnya hubungan cinta mungkin saja muncul. Jika kamu menyadari kalau kamu memang melakukan kesalahan, jangan terlalu berlarut-larut memikirkannya. Toh semua orang juga melakukan kesalahan.   Memikirkan kesalahanmu tidak akan memperbaiki keadaan. Lebih baik kamu belajar untuk membenahi apa yang kurang pada dirimu, sehingga jika suatu saat kamu menjalin hubungan lagi, kamu tidak melakukan kesalahan yang sama.   7. Jangan Buru-Buru Cari Pengganti   Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa cara tercepat untuk move on adalah dengan segera mencari pengganti baru. Padahal di masa-masa putus cinta, emosi seseorang cenderung tidak stabil.  

  Terburu-buru mencari kekasih baru bisa menimbulkan masalah dalam hubungan baru, karena kamu belum benar-benar selesai dengan masa lalumu, sehingga kamu berkemungkinan melampiaskan perasaan kepada pasangan baru. Hal ini tentu berpotensi melukai perasaan kekasih barumu.   Ada baiknya kamu membiarkan dirimu berdamai dengan masa lalumu terlebih dahulu sebelum membuka pintu untuk hubungan baru.   8. Cari Bantuan Profesional   Apabila dukungan dari orang-orang terdekat dan berbagai cara di atas kurang membantumu untuk melewati sulitnya masa-masa putus cinta, tidak ada salahnya untuk meminta bantuan profesional.  

  Perlu diketahui, emosi negatif yang tak kunjung membaik selama masa-masa putus cinta bisa berujung pada depresi. Tentu itu bukan suatu kondisi yang bisa dianggap remeh, karena bisa memengaruhi kualitas hidupmu.   Maka dari itu, kamu sama sekali tak perlu merasa malu untuk meminta bantuan psikolog atau psikiater.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #susah #move #tips #supaya #kamu #bisa #melewati #beratnya #masa #masa #putus #cinta

KOMENTAR