Pasanganmu Selingkuh? 6 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Putus, Nomor 5 Paling Fatal
Ilustrasi: Selingkuh. (abmeyerwood.com)
15:56
25 Maret 2024

Pasanganmu Selingkuh? 6 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Putus, Nomor 5 Paling Fatal

 Mengenai perselingkuhan, ada kepercayaan umum bahwa mereka yang pernah selingkuh dari orang yang dicintainya rawan melakukannya lagi.

Fakta bahwa seseorang yang pernah selingkuh akan melakukan hal sama kembali ini, juga dikuatkan oleh beberapa penelitian yang ada.

Meskipun ini adalah salah satu alasan mengapa perselingkuhan sangat sulit untuk dimaafkan, namun tidak ada yang salah jika seseorang memilih untuk lebih baik memperbaiki hubungan.

Jika kamu sedang mengalami hal ini, dan merasa bimbang keputusan apa yang harus diambil atas hubunganmu dengan pasangan yang selingkuh, artikel ini akan membantumu.

Melansir dari hellosehat.com, berikut pertimbangan yang perlu diperhatikan sebelum putus dengan pasanganmu:

1. Kapan Pacarmu Selingkuh

Waktu juga akan menentukan alasan di balik perselingkuhan. Terkadang orang selingkuh di awal suatu hubungan, namun hubungan tersebut dipenuhi dengan pertengkaran dan perselisihan.

Ada aktivitas yang mungkin ingin Anda pertimbangkan. Namun, jika mereka selingkuh setelah hubungan terjalin lama, mengakhiri hubungan mungkin bisa menjadi solusinya.

2. Apakah Pacarmu Mengaku Selingkuh

Sebelum putus dengan pasangan yang selingkuh, ingatlah bagaimana mengetahui perilakunya. 

Tidak jarang bahwa orang mampu menyelamatkan hubungannya karena pasangannya dengan jujur mengakui bahwa mereka selingkuh.

Komunikasi dan kejujuran merupakan hal yang penting dalam sebuah hubungan.

Dengan mengaku, berarti pasanganmu sudah berani menyatakan bahwa yang dia lakukan salah dan siap menjadi orang yang lebih dipercaya. Melakukan hal ini menunjukkan bahwa kamu penting baginya.

3. Apakah Perselingkuhan akan Terjadi Lagi

Memang tidak mudah menjawab pertanyaan ini karena tidak ada yang bisa mengatakan bahwa pasanganmu tidak akan mengulangi perilakunya. Namun, kamu bisa menjawab pertanyaan ini dengan melihat status hubunganmu saat ini.

Jika pasanganmu selingkuh karena pertengkaran yang tidak ada habisnya, itu berarti masalah tersebut harus diselesaikan terlebih dahulu agar tidak berakhir dan perselingkuhan kembali yang menjalar ke dalam hubungan Anda.

Jika dia selingkuh meskipun hubunganmu dengannya baik-baik saja, mengakhiri hubungan mungkin merupakan keputusan yang baik.

4. Berapa Kali Pasanganmu Selingkuh

Hal ini patut diperhatikan sebelum putus dengan pasangan yang selingkuh. Coba lihat apakah ini pertama kalinya pasanganmu melakukan hal tersebut.

Jika hal ini sering terjadi, bisa jadi pasanganmu sedang mengalami gangguan dengan kondisi emosionalnya.

Jika konfliknya sudah mulai mereda, kamu bisa membantunya dengan membawanya ke psikiater/psikolog.

Jika dia belum siap, cobalah memberinya kesempatan untuk meluangkan waktu sendirian. Sekarang kamu dapat mengambil tindakan dan membuka hati kembali dan move on.

 

5. Pacarmu Selingkuh dengan Orang Dekat?

Selingkuh merupakan salah satu bentuk tidak menghargai dan pasangan. Lebih buruk lagi jika perilaku tersebut dilakukan dengan orang terdekatmu, seperti teman, rekan kerja, atau saudara.

Cara terbaik bagi dirimu adalah dengan mengakhirinya. Intinya, selingkuh tidak hanya berdampak pada dirimu sendiri, tapi juga berdampak pada hubunganmu dengan orang-orang di sekitar.

6. Masa Depan Hubungan

Kamu bisa memutuskan untuk putus dengan pasangan yang selingkuh atau tetap melanjutkan hubungan, namun sebelum melakukannya, coba pikirkan apa yang akan terjadi di masa depan. 

Tentu, baik mengakhiri hubungan atau tidak, atau tidak, semuanya akan memiliki konsekuensinya masing-masing.

Sekalipun jika pasanganmu merasa menyesal dan meminta maaf, lalu kamu pun memaafkannya, hubungan yang kembali terjalin mungkin tidak akan sama.

Segalanya akan berubah, tetapi jika kamu berdua siap mengambil keputusan, menghadapi, dan menerima konsekuensi yang akan terjadi, itu tanda kamu dan dirinya bisa kembali bersama.

Tentu saja tidak mudah menghadapi perselingkuhan dalam hubungan. Ketika kamu bimbang atas hubunganmu yang dinodai oleh perselingkuhan, apakah akan mengakhiri hubungan atau melanjutkan, keenam faktor di atas bisa kamu pertimbangkan.

Jika tidak, inilah saatnya kamu untuk mengakhiri hubungan dengannya.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #pasanganmu #selingkuh #yang #perlu #dipertimbangkan #sebelum #putus #nomor #paling #fatal

KOMENTAR