7 Amalan Ringan Berpahala Besar di Bulan Ramadhan: Mudah Dikerjakan, Ganjaran Masuk Surga
Ilustrasi beribadah - (pexels)
16:18
22 Maret 2024

7 Amalan Ringan Berpahala Besar di Bulan Ramadhan: Mudah Dikerjakan, Ganjaran Masuk Surga

Memperbanyak amal ibadah demi meraup pahala sebanyak mungkin adalah hal yang seharusnya dilakukan oleh umat Muslim di bulan Ramadhan.

Bahkan amal ibadah sekecil dan seringan apapun dapat Anda kerjakan demi memaksimalkan pahala di bulan Ramadhan. Tak terkecuali 7 amalan ringan seperti yang dikutip dari laman resmi Muhammadiyah berikut ini, mudah dikerjakan tetapi mendatangkan banyak sekali pahala untuk Anda. Apa saja?

1. Zikir

Ilustrasi Bacaan Sholat Tasbih (freepik)Ilustrasi berzikir (freepik)

Amalan pertama yang bisa Anda lakukan adalah zikir. Ibadah satu ini bisa Anda lakukan kapanpun dan di manapun tanpa memerlukan persiapan tertentu. Bahkan Anda bisa berizikir sambil melakukan aktivitas lain, seperti membersihkan rumah atau berkendara.

Hal ini sejalan dengan yang pernah diperintahkan Allah SWT di Al Quran, “Ingatlah hanya dengan mengingat Allah lah hati menjadi tenteram.” (QS Ar-Ra’d: 28).

2. Sedekah Rutin

ilustrasi sedekah (Unsplash/Bayu Prayuda)ilustrasi sedekah (Unsplash/Bayu Prayuda)

Anda bisa mencoba untuk melakukan sedekah rutin, bahkan dalam nominal yang kecil sekalipun.

Dalam sebuah hadis disebutkan dari Abu Darda RA, Rasulullah SAW bersabda, “Setiap pagi yang dilalui seseorang, ada dua malaikat yang turun, yang pertama berdoa, ‘Ya Allah berikanlah ganti bagi orang yang berinfak’. Sementara yang kedua berdoa, ‘Ya Allah berikanlah kehancuran bagi orang yang pelit’.” (HR. Bukhari dan Muslim).

3. Doakan Kebaikan Orang Lain

Ilustrasi berdoa.[Pexels]Ilustrasi berdoa.[Pexels]

Mendoakan kebaikan orang lain dapat menjadi amalan ringan yang selalu Anda upayakan, terutama di bulan Ramadhan. Rasulullah SAW pernah bersabda, “Tidakkah seorang Muslim yang mendoakan kebaikan bagi saudaranya tanpa sepengetahuannya, melainkan malaikat akan berkata, ‘Dan untukmu juga kebaikan yang serupa’.” (HR. Muslim).

4. Akhlak Mulia

Ilustrasi silaturahmi (Freepik/Odua)Ilustrasi silaturahmi (Freepik/Odua)

Selain mendoakan yang terbaik untuk orang lain, Anda juga bisa mencoba untuk selalu menjaga akhlak mulia. Misalnya dengan menjaga lisan, perbuatan, supaya selalu bernilai kebaikan dan tidak menyakiti orang lain.

Rasulullah SAW pernah bersabda, “Sesungguhnya yang paling aku cintai di antara kalian dan paling dekat tempat duduknya denganku pada hari kiamat adalah mereka yang paling bagus akhlaknya di antara kalian.” (HR. Tirmidzi).

5. Memberi Makan Hewan

Ilustrasi Memberi Makan Kucing.(Pexels.com/Canan Yasar)Ilustrasi Memberi Makan Kucing.(Pexels.com/Canan Yasar)

Aktivitas sesederhana memberi makan hewan pun dapat mendatangkan banyak pahala, sebab Islam mengajarkan kasih sayang kepada semua ciptaan Tuhan tanpa terkecuali.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan, seperti memberikan makanan yang dibuat atau disiapkan khusus untuk hewan, atau memberikan makanan sisa yang masih layak makan, atau menyisihkan sebagian porsi makanan untuk hewan tersebut.

6. Memberi Makanan untuk Buka Puasa

Momen Bagi-bagi Takjil. (Instagram/jenniferbacdhim)Momen Bagi-bagi Takjil. (Instagram/jenniferbacdhim)

Berbagi makanan untuk berbuka puasa di bulan Ramadhan dapat menjadi ladang pahala untuk Anda. Hal ini seperti disabdakan Rasulullah SAW, yang artinya, “Barangsiapa yang memberi buka orang puasa, maka baginya pahala semisalnya tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa sedikitpun.” (HR. Tirmizi).

7. Membeli Dagangan Orang Lain

Ilustrasi belanja di pasar. (Dok. Titipku)Ilustrasi belanja di pasar. (Dok. Titipku)

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah membeli dagangan orang lain, terutama yang membutuhkan. Kalaupun Anda tidak membutuhkan barang tersebut, Anda bisa membeli dagangan kaum membutuhkan tersebut dan barangnya diberikan kepada orang lain.

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #amalan #ringan #berpahala #besar #bulan #ramadhan #mudah #dikerjakan #ganjaran #masuk #surga

KOMENTAR