Rahasia Rambut Sehat dan Berkilau Meski Sering Dicatok dan Diwarnai
ilustrasi rambut sehat (freepik.com)
05:07
22 Maret 2024

Rahasia Rambut Sehat dan Berkilau Meski Sering Dicatok dan Diwarnai

Rambut termasuk organ tubuh yang perlu perawatan. Seperti halnya kulit, rambut juga mengalami proses penuaan dan berisiko mengalami kerusakan. Rambut yang rusak dapat dikenali dari teksturnya yang kering, kasar, dan mudah patah.

Kondisi rambut rusak seperti disebutkan di atas biasanya dipicu karena berbagai kebiasaan buruk, seperti penggunaan alat styling catokan dan hair dryer, paparan sinar matahari, serta mewarnai rambut.

Itu sebabnya, merawat rambut hanya dengan sampo dan kondisioner saja tidak cukup bila kamu sering terkena berbagai faktor pemicu tersebut.

Hair Expert dr. Nevristia Pratama, Sp.DVE., mengatakan rambut juga perlu antioksidan yang tinggi untuk menangkal radikal bebas dari paparan sinar UV sampai uap panas dari alat styling.

"Karena antioksidan itu senyawa yang melindungi rambut dari proses penuaan dan radikal bebas seperti sinar UV. Fungsinya untuk menjaga dan melembabkan rambut. Juga harus rutin cuci rambut dengan sampo yang sesuai dengan jenis rambut," kata dokter Nevrista saat media gathering bareng Ellips di Jakarta, Rabu (20/3/2024).

Rambut yang sehat, lanjut dr. Nesrista, ditandai dengan setiap helaian yang berkilau dan memukau. Meski masyarakat Indonesia mulai menyadari tentang kesehatan rambut, perawatan yang dilakukan masih banyak yang keliru.

Menurut riset internal Ellips, hanya 41 persen perempuan Indonesia dalam rentang usia 15-39 tahun yang menggunakan vitamin rambut. Sisanya 59 persen mengakui tidak menggunakan vitamin rambut karena yakin kalau rambutnya tidak memerlukan perawatan khusus untuk tetap sehat.

Kebanyakan orang juga menganggap tanda penuaan pada rambut hanya terkait dengan perubahan warna saja. Padahal, penuaan rambut bukan berarti ditandai adanya uban.

"Penuaan rambut itu bukan cuma beruban. Jadi yang awalnya bercahaya jadi kusam, lebih kuning, rambut kering, bercabang sampai patah," kata dr. Nevrista.

Melalui kampanye #RambutTetapMuda, Ellips mengajak perempuan Indonesia untuk meningkatkan kesadaran perawatan rambut, sama pentingnya dengan merawat kulit. Head of Marketing Hair & Personal Care, Kino, Lidwina Natalia, menyarankan bahwa merawat rambut sesederhana menambahkan pemakaian vitamin rambut setelah mencuci rambut dengan sampo dan kondisioner.

"Kandungan Moroccan oil pada produk Ellips Hair Vitamin bertindak sebagai antioksidan utama untuk mengatasi tanda-tanda penuaan pada rambut, seperti kering, kusam, rapuh, dan tekstur kasar," kata Liwina.

Moroccan Oil juga masih mengandung berbagai nutrisi lainnya, salah satunya vitamin E yang bertindak sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas dari paparan sinar UV.

Editor: Vania Rossa

Tag:  #rahasia #rambut #sehat #berkilau #meski #sering #dicatok #diwarnai

KOMENTAR