THR Sebentar Lagi Cair, Pahami Tips Mengatur Keuangan Menuju Lebaran Agar Tidak Boncos dan Boros
Ilustrasi mengatur keuangan dan THR di Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran 2024. (KarolinaGrabowska/pexels.com)
19:12
20 Maret 2024

THR Sebentar Lagi Cair, Pahami Tips Mengatur Keuangan Menuju Lebaran Agar Tidak Boncos dan Boros

 

 

Setelah berpuasa satu bulan lamanya, Hari Raya Idul Fitri adalah momen yang paling ditunggu oleh umat muslim.

Momen Lebaran yang hanya terjadi setahun sekali ini memiliki banyak tradisi yang identik dilakukan oleh masyarakat Indonesia.

Ya, bagi-bagi THR untuk anak kecil, saling kirim hampers ke teman dan saudara, hingga mudik ke kampung halaman sudah menjadi ciri khas Hari Raya Idul Fitri di Indonesia.

Tentu, untuk melakukan tradisi tersebut dibutuhkan biaya yang lebih dong. Umumnya para pegawai atau karyawan akan mendapatkan THR dari perusahaan masing-masing.

Agar uang THR dari kantor digunakan dengan baik, kalian harus memiliki perhitungan untuk pemasukan dan pengeluaran yang dibutuhkan selama Lebaran.

Dilansir dari Lifepal, Rabu (20/3), berikut tips yang dapat kalian terapkan supaya tidak boros dan berakhir boncos di Lebaran 2024.

Buat anggaran yang jelas

Membuat anggaran untuk Hari Raya akan membantu kita dalam mengelompokkan jumlah uang sesuai dengan list kebutuhan yang bertujuan untuk mempermudah dan menghemat pengeluaran.

Pisahkan antara uang gaji dengan uang THR

Di Hari Raya Idul Fitri tentu kita menerima dua gaji, yaitu gaji pokok dan THR. Untuk kebutuhan Hari Raya sebaiknya cukup gunakan uang THR saja.

Hal ini untuk mempermudah pengelolaan keuangan setelah berakhirnya momen Lebaran, jika gaji pokok diperlukan untuk tambahan biaya selama Lebaran sebaiknya digunakan secukupnya.

Sisihkan untuk dana darurat

Dalam membuat anggaran untuk keperluan Hari Raya, tetap sisihkan uang untuk dana darurat untuk mengantisipasi hal-hal tidak terduga.

Dana darurat juga berfungsi sebagai pengendali pengeluaran agar uang THR tidak seluruhnya dianggarkan untuk memenuhi kebutuhan.

Belanja sesuai kebutuhan

Buat skala prioritas untuk belanja kebutuhan selama Hari Raya dan cek kembali anggaran yang telah dibuat dengan list kebutuhan belanja.

Tahan godaan diskon

Menjelang Lebaran tentu banyak diskon dimana-mana, tapi jangan sampai tergoda produk diskon. Membeli dengan harga diskon juga akan tetap menambah bahkan membuat pengeluaran membengkak karena tidak sesuai dengan kebutuhan.

Siapkan untuk tabungan atau investasi

Selain dana darurat, kalian juga harus menyiapkan uang untuk ditabung atau investasi. Mengalokasikan sebagian uang untuk tabungan atau investasi akan sangat bermanfaat di masa depan.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #sebentar #lagi #cair #pahami #tips #mengatur #keuangan #menuju #lebaranagar #tidak #boncos #boros

KOMENTAR