Latar Belakangnya Beda Banget dari Sule, Tapi Penghasilan Ayah Mahalini Tak Kalah Mentereng
I Gede Suraharja dan Sule di lamaran Rizky Febian dan Mahalini. (Instagram/@rizkyfbian)
13:41
20 Maret 2024

Latar Belakangnya Beda Banget dari Sule, Tapi Penghasilan Ayah Mahalini Tak Kalah Mentereng

Profil Sule dan calon besannya, I Gede Suraharja sedang menarik perhatian publik. Pasalnya ayah Rizky Febian dan ayah Mahalini ini mempunyai latar belakang yang jauh berbeda tetapi sama-sama bersahaja dalam menanggapi kisah cinta beda agama anak mereka.

Pasalnya bila Sule aktif berkecimpung di dunia hiburan Tanah Air, bahkan sudah mengukir namanya sebagai salah satu komedian legendaris Indonesia, maka I Gede Suraharja fokus sebagai pengusaha sekaligus politikus.

Lantas dengan latar belakang yang berbeda jauh, apakah pendapatan Sule dan I Gede Suraharja juga tidak setara? Berikut adalah ulasannya dikutip dari berbagai sumber.

Pendapatan Sule

Komedian Sule di kawasan Kapten P Tendean, Jakarta Selatan, Senin (18/9/2023). [Suara.com/Tiara Rosana]Komedian Sule di kawasan Kapten P Tendean, Jakarta Selatan, Senin (18/9/2023). [Suara.com/Tiara Rosana]

Lantaran tak lagi aktif di televisi, Sule kini sibuk memproduksi kontennya sendiri dan ditayangkan di YouTube. Ada 2 kanal YouTube yang dikelola oleh Sule, yakni SL MEDIA dan SULE PRODUCTIONS.

Tak main-main, kedua kanal YouTube ini bisa mendatangkan pendapatan yang luar biasa untuk Sule dan keluarganya.

Dikutip dari Social Blade, monetisasi konten YouTube SL MEDIA diperkirakan mencapai kisaran Rp37,8 juta sampai Rp596,2 juta per bulan. Sementara pendapatan dari kanal YouTube SULE PRODUCTIONS ada di kisaran Rp61,4 juta sampai Rp983,2 juta dalam sebulan.

Sule sendiri pernah dikabarkan mendapat bayaran hingga Rp1 miliar per bulan dari program televisi yang dibawakannya. Bahkan kabarnya Sule juga pernah mendapatkan honor sebesar Rp70 juta untuk satu episode FTV yang dibintanginya.

Pendapatan I Gede Suraharja

I Gede Suraharja, Rizky Febian, dan Mahalini (Instagram/gedesuraharja)I Gede Suraharja, Rizky Febian, dan Mahalini (Instagram/gedesuraharja)

Berbeda dari Sule, I Gede Suraharja diketahui berprofesi sebagai pengusaha di bidang transportasi dan penginapan. Selain itu, I Gede Suraharja juga terjun ke dunia politik dan pernah menempati beberapa jabatan publik.

Ayah Mahalini itu pernah menjabat sebagai Kepala Desa Tibubeneng periode 2009-2013. Kemudian I Gede Suraharja juga menjadi Anggota DPRD Kabupaten Badung Dapil Kuta Utara periode 2014-2019.

Sebagai Anggota DPRD Kabupaten, penghasilan I Gede Suraharja sudah diatur di Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2017 serta Peraturan Menteri Dalam Negeri 62/2017.

Berdasarkan regulasi tersebut, pendapatan Anggota DPRD Kabupaten meliputi gaji pokok, uang representasi, tunjangan keluarga, tunjangan beras, uang paket, tunjangan jabatan, serta tunjangan transportasi.

Gaji pokok Anggota DPRD Kabupaten adalah sebesar Rp2,1 juta per bulan. Lalu untuk komponen lain per bulannya kurang lebih seperti berikut:

  • Uang representasi: Rp1.575.000 
  • Uang paket: Rp157.000
  • Tunjangan jabatan: Rp2.283.750
  • Tunjangan keluarga: Rp220.000
  • Tunjangan transportasi: Rp12.000.000
  • Tunjangan alat kelengkapan: Rp91.350
  • Tunjangan beras: Rp289.000
  • Tunjangan reses: Rp2.625.000
  • Tunjangan perumahan: Rp12.000.000
  • Tunjangan komunikasi intensif: Rp10.500.000

Namun besaran komponen ini bisa berubah tergantung dengan kemampuan daerah masing-masing. Tak terkecuali anggota dewan di daerah Badung yang pernah diberitakan mendapatkan gaji dan tunjangan hingga Rp100 juta setiap bulan pada tahun 2017 silam.

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #latar #belakangnya #beda #banget #dari #sule #tapi #penghasilan #ayah #mahalini #kalah #mentereng

KOMENTAR