10 Tips Merawat Wajah saat Puasa, Kulit Sehat dan Tampil Cantik Waktu Lebaran Tiba
Ilustrasi merawat wajah agar kulit sehat dan cantik. (Freepik)
11:00
20 Maret 2024

10 Tips Merawat Wajah saat Puasa, Kulit Sehat dan Tampil Cantik Waktu Lebaran Tiba

- Menjaga wajah tetap segar dan berseri saat menjalani puasa tidaklah mudah. Rutinitas berubah, asupan air dan nutrisi berkurang, serta perubahan pola tidur bisa memengaruhi kesehatan kulit secara keseluruhan.

Lebaran adalah saatnya berkumpul bersama keluarga dan kerabat, di mana mata seketika tertuju pada keceriaan wajah yang berseri. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan perawatan kulit secara khusus selama bulan suci ini.

Dengan perhatian ekstra dan langkah sederhana, maka bisa tetap tampil cantik dan memesona di tengah suasana Lebaran yang penuh kegembiraan. Berikut tips-tips yang dapat diterapkan untuk menjaga kulit tetap sehat dan cantik saat berpuasa.

Dilansir dari akun YouTube Halodoc, ada 5 tips yang dapat dilakukan untuk merawat wajah:

1. Penuhi kebutuhan cairan

Jika tubuh kekurangan cairan, kelembaban kulit akan ikut menurun, dan menjadi kering. Pastikan untuk minum setidaknya delapan gelas air putih setiap hari untuk menjaganya tetap terhidrasi dan segar.

2. Konsumsi makanan sehat serta hindari minuman bersoda dan berkafein

Konsumsi makanan yang mengandung vitamin seperti buah dan sayur. Omega 3 seperti ikan salmon, dan hyaluronic acid seperti kacang merah. Mengkonsumsi minuman bersoda dan berkafein dapat membuat tubuh lebih cepat dehidrasi.

3. Istirahat yang cukup

Aturlah pola tidur agar tubuh menjadi tetap bugar dan kulit juga sehat. Istirahat yang cukup membantu proses regenerasi kulit dan meminimalkan munculnya lingkaran hitam di sekitar mata.

4. Gunakan skincare yang mengandung SPF atau sunscreen

Hal ini untuk melindungi dari UV A dan UV B karena kondisi kulit yang lebih rentan kering saat puasa akan semakin memburuk jika terkena paparan sinar matahari.

5. Gunakan pelembab (Moisturizer)

Ini akan membantu mencegah kulit kering dan bersisik agar tetap lembab, gunakan produk seperti petroleum jelly.

Berpuasa bisa membuat kulit lebih cepat kering dikarenakan supply cairan yang masuk kedalam tubuh lebih sedikit dibanding biasanya. Dilansir dari akun YouTube dr. Kamilah Jaidi, MARS, Dipl. AAAM, adapun tips agar tetap sehat dan cantik sebagai berikut:

1. Perkuat hidrasi

Gunakan pelembab sehari tiga kali, pada pagi, siang, dan malam hari, sesuai tipe jenis kulit masing-masing, seperti yang ada kandung ceramide dan hyaluronic acid.

2. Gunakan sheet mask

Pilih sheet mask yang fungsinya menghidrasi dan menutrisi kulit. Gunakan 2-3 kali dalam seminggu.

3. Stop penggunaan toner

Jika menggunakan toner dan merasa kering, lebih baik berhenti dahulu pemakaian toner eksfoliatornya agar kulit tidak kering serta tetap glowing.

4. Gunakan krim malam setelah shalat tarawih

Gunakan krim malam di jam 9 malam dan jangan kemalaman karena biarkan krim stay di kulit 4-6 jam agar bekerja dengan maksimal.

5. Bilas krim malam jika ingin beraktivitas lebih dari sepuluh menit di dapur

Saat bangun sahur, jika melakukan aktivitas seperti memasak dan lebih dari sepuluh menit di dapur, pastikan bilas krim malam agar tidak terkena panas dari kompor.

“Disarankan untuk treatment seminggu sebelum lebaran agar kulit tampak glowing dan sehat di hari raya idul fitri,” ujar dr. Kamilah.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, Anda dapat menjaga kulit tetap sehat dan cantik selama bulan puasa. Ingatlah bahwa kecantikan sejati berasal dari dalam, jadi selalu perhatikan asupan makanan dan perasaan positif untuk mendapatkan kilau alami yang mempesona.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #tips #merawat #wajah #saat #puasa #kulit #sehat #tampil #cantik #waktu #lebaran #tiba

KOMENTAR