Gemar Cashless Pakai Aplikasi Pembayaran? Ketahui Dulu Tips Keamanan Digital Finansial
Ilustrasi Keamanan Digital (Freepik/rednose92)
20:13
12 Maret 2024

Gemar Cashless Pakai Aplikasi Pembayaran? Ketahui Dulu Tips Keamanan Digital Finansial

Perempuan masih kerap kali jadi korban kejahatan digital, seperti pelecehan online hingga penipuan keuangan. Berdasarkan data Status Literasi Digital Indonesia, literasi digital perempuan belum setara dengan laki-laki. Oleh sebab itu, keamanan digital serta keamanan finansial bagi kaum perempuan perlu terus didorong.

Khususnya bagi perempuan karir, Head of Corporate Secretary Nawakara Chiquita Hindarto, menyarankan untuk melakukan penilaian risiko dalam keamanan digital serta keuangan.

“Literasi keamanan digital sangat penting dimiliki perempuan demi meminimalisir berbagai risiko yang ada hingga mencapai kemandirian finansial dan membangun masa depan yang aman dan sejahtera untuk diri mereka sendiri dan keluarganya,” kata Chiquita dalam keterangannya.

Menurutnya, ada tiga hal utama yang menjadi fokus bagi para perempuan untuk tetap aman dalam keamanan digital, di antaranya:

1. Lebih Teliti Menggunakan Aplikasi Keuangan Digital

Sebagai seorang “menteri keuangan” dalam keluarga, aplikasi keuangan digital kerap menjadi aplikasi utama yang sering digunakan. Dalam menilai sebuah aplikasi keuangan digital tersebut, perempuan perlu mencari tahu terlebih dahulu reputasi, keamanan, jumlah penggunanya, hingga testimoni dari pengguna sebelumnya. Setelah tahu bahwa aplikasi keuangan tersebut aman, langkah selanjutnya juga perlu memastikan keamanan digital terjaga. Misalnya, tidak menyimpan sandi menggunakan angka sederhana seperti tanggal lahir dan angka berurutan.

2. Tidak Pakai WiFi di Tempat Umum

Selain itu, hal yang perlu diperhatikan dalam keamanan digital juga tidak menggunakan wifi di tempat umum untuk mengakses aplikasi yang memiliki data pribadi yang bersifat substansial, seperti aplikasi keuangan digital atau mobile banking. Hal ini untuk menghindari penyadapan yang mudah diakses area publik untuk mengambil data dari handphone yang terhubung ke wifi tersebut.

3. Perhatikan Akses Data Diri dari Pinjaman Online

Fenomena pinjol kerap terjadi karena rendahnya tingkat inklusi keuangan perempuan. Untuk mengantisipasi adanya pencurian data pribadi di aplikasi pinjol, sangat penting memperhatikan permintaan akses aplikasi pinjol pada ponsel pengguna. Jika di luar kewajaran yang telah ditentukan OJK, maka persetujuan akses tersebut sebaiknya ditolak. Bagaimana pun juga, pengamanan data yang baik sangat penting dimiliki setiap orang.

Editor: Vania Rossa

Tag:  #gemar #cashless #pakai #aplikasi #pembayaran #ketahui #dulu #tips #keamanan #digital #finansial

KOMENTAR