Dijagokan Buat Pilkada Sleman, Riwayat Pendidikan Erina Gudono Moncer Tapi Belum Pernah Sentuh Politik
Penampilan Erina Gudono di Wisuda Adik (Instagram @erinagudono)
15:36
9 Maret 2024

Dijagokan Buat Pilkada Sleman, Riwayat Pendidikan Erina Gudono Moncer Tapi Belum Pernah Sentuh Politik

Menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Erina Gudono mendadak dijagokan untuk maju ke Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Nama istri Kaesang Pangarep tersebut muncul dari internal Partai Gerindra.

Adapun Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra, H.R Sukaptana mengungkap bahwa pihak partainya juga turut mempertimbangkan Erina Gudono untuk masuk ke bursa calon Bupati Sleman.

"Iya kami munculkan nama Mbak Erina," beber Sukaptana ke wartawan.

Lantas, apakah latar belakang Erina Gudono cocok untuk menjabat sebagai Bupati Sleman menggantikan Kustini Sri Purnomo?

Pendidikan Erina Gudono: Sempat bilang tak paham politik

Erina Gudono terbilang memiliki pendidikan yang mentereng.

Apalagi, mendiang sang ayah adalah seorang guru besar di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Ayahanda Erina Gudono tak lain adalah sosok mendiang Prof. Dr. Mohammad Gudono, MBA.

Profesor Gudono dahulu adalah seorang pengajar di Departemen Akuntansi di Departemen Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada.

Erina sendiri juga merupakan seorang yang terpelajar. Ia merupakan tamatan sekolah favorit di Yogyakarta, yakni SMP Negeri 5 Yogyakarta dan kemudian melanjutkan ke SMA Negeri 3 Yogyakarta.

Usai tamat sekolah, Erina kuliah di tempat yang sama dengan tempat sang ayah mengajar, yakni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada.

Setelah itu, Erina terbang ke Hong Kong untuk mengikuti program sekolah manajemen bisnis di The Chinese University of Hongkong.

Erina berencana untuk melanjutkan S2-nya ke Columbia University, Amerika Serikat dan tinggal berangkat. Namun, hingga kini masih setia menemani suaminya.

Kendati pendidikannya mentereng, Erina tak memperoleh pengetahuan tentang perpolitikan, berkaca dari program studi yang ia ambil yakni ekonomi.

Erina juga pernah di suatu kesempatan mengaku bahwa dirinya tak tahu menahu soal politik.

Menantu Jokowi ini juga pernah berbagi keresahan saat Kaesang Pangarep terjun ke politik dan didapuk sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia atau PSI.

Erina mengaku bahwa memberikan restu kepada Kaesang untuk terjun ke politik adalah pilihan yang berat.

"Aku nggak paham tentang dunia politik, dan salah satu keputusan paling berat yang aku buat adalah merestui Mas berjuang di sini," tulis Erina via akun Instagram pribadinya, dikutip pada Sabtu (9/3/2024).

Kendati demikian, Erina akhirnya ikhlas melepas sang suami untuk berpolitik usai berdiskusi panjang.

"Kami banyak diskusi, berdoa, dan satu hal yang membuatku yakin ikhlas adalah Mas Kaesang sendiri. Dengan pemikiran luas dan hatinya yang tulus, inshaallah dia bisa berbuat banyak hal," lanjutnya. 

Kontributor : Armand Ilham

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #dijagokan #buat #pilkada #sleman #riwayat #pendidikan #erina #gudono #moncer #tapi #belum #pernah #sentuh #politik

KOMENTAR