Bagus untuk Kesehatan Rambut! Berikut Cara Perawatan Rambut Rontok dengan Buah Lemon
Ilustrasi: Khasiat buah lemon.
20:06
8 Maret 2024

Bagus untuk Kesehatan Rambut! Berikut Cara Perawatan Rambut Rontok dengan Buah Lemon

Jawapos.com - Rambut rontok, rambut yang lemah semakin banyak, dan rambut yang menipis adalah kenyataan yang dialami sebagian besar dari kita saat ini. Namun, cara mengatasinya juga kadang-kadang susah.

Buah lemon bukan hanya berguna untuk jus minuman atau hidangan kuliner saja. Potensi kegunaan lemon lebih dari itu, buah populer ini merupakan sumber vitamin C yang baik, yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan.

Dilansir Jawapos.com dari healthline.com Jumat (8/3), buah lemon mengandung asam sitrat dan dapat digunakan untuk mencerahkan rambut secara alami, meskipun lemon bekerja paling baik pada warna rambut yang lebih cerah.

Namun penggunaan jus lemon secara topikal dapat mengiritasi kulit atau menyebabkan reaksi kontak.

Lemon juga memiliki sifat memutihkan, itulah sebabnya lemon sering ditemukan dalam produk pembersih dan perawatan kulit.

Dikutip dari bebeautiful.in, buah ini merupakan sumber vitamin C yang baik dan dapat membantu rambut kita dalam beberapa cara seperti :

1. Mencerahkan warna rambut secara alami.
2. Meningkatkan pertumbuhan rambut.
3. Mengurangi ketombe.
4. Membuat rambut lebih berkilau.

Kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon meningkatkan produksi kolagen yang pada akhirnya merangsang pertumbuhan rambut.

Kaya nutrisi penting, penggunaan jus lemon secara teratur memperkuat folikel rambut dan mendorong pertumbuhan rambut.

Bersifat asam, lemon membersihkan penumpukan dari kulit kepala. Penumpukan ini menghalangi folikel rambut, mencegah pertumbuhan rambut.

Sifat antijamur pada lemon dapat menghilangkan ketombe, yang merupakan penyebab utama kerontokan rambut.

Jus lemon mengembalikan keseimbangan pH kulit kepala, menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut.

Manfaat asam sitrat pada lemon bahkan dapat mengatasi akar masalah rambut secara harfiah. Hal ini terutama berlaku jika kita memiliki kulit kepala kering atau berketombe.

Saat kita mengoleskan bilas rambut dengan jus lemon, pastikan juga memijatkan campuran tersebut ke kulit kepala.

Jika memiliki jenis ketombe yang disebut dermatitis seboroik, jus lemon dapat membantu menyerap minyak berlebih yang menyebabkan kondisi kulit kepala yang umum ini. Efek seperti itu bisa berlaku untuk semua warna rambut.

Namun, jika kalian menggunakan lemon untuk pertumbuhan rambut, ingatlah bahwa lemon memiliki sifat pemutihan alami dan dapat mencerahkan warna rambut. Gunakan dengan bijak sesuai jenis dan kebutuhan rambut kalian.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #bagus #untuk #kesehatan #rambut #berikut #cara #perawatan #rambut #rontok #dengan #buah #lemon

KOMENTAR