Niat Sholat Malam Rajab, Berapa Rakaat? Ini Tata Cara dan Waktu Mengerjakannya
Ilustrasi Sholat - Niat Sholat Malam Rajab, Berapa Rakaat? Ini Tata Cara dan Waktu Mengerjakannya (Freepik)
17:31
12 Januari 2024

Niat Sholat Malam Rajab, Berapa Rakaat? Ini Tata Cara dan Waktu Mengerjakannya

Dalam Islam, bulan Rajab merupakan satu dari empat bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT. Oleh karena itu, muslim dianjurkan untuk mengerjakan ibadah sunnah seperti sholat malam Rajab. Selengkapnya berikut bacaan niat sholat malam Rajab, berapa rakaat? 

Imam Al-Ghazali menyatakan bahwa sholat malam Rajab merupakan amalan yang banyak dilakukan oleh orang-orang Sholeh pada masanya. Sebab ibadah sunnah ini memiliki keistimewaan, yaitu dikabulkannya doa oleh Allah SWT. 

Adapun niat dan tata cara sholat sunnah Rajab memiliki perbedaan dengan sholat sunnah lainnya. Untuk mengetahui bagaimana tata cara lebih lengkapnya, yuk simak penjelasan di bawah ini! 

Niat Sholat Malam Rajab, Berapa Rakaat? 

Sebagaimana dilansir dari laman NU Online, sholat sunnah malam Rajab diajarkan oleh Syekh KH. Abdullah Mubarok bin Muhammad ra, dan Syekh KH. Ahmad Shohibulwafa Tajul Arifin ra. Dalam setiap pengerjaannya terdapat perbedaan, berikut penjelasannya: 

1. Sholat Malam 1 Rajab 

• Melaksanakan shalat sunat sebanyak 10 rakaat (5 kali salam), dengan bacaan niat: 

اُصَلِّي سُنَّةً رَجَبِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى 

Usalli sunnatan Rajabi rak'ataini lillahi ta'ala. 

Artinya: "Saya melaksanakan dua rakaat sholat sunnah Rajab demi Allah Taala." 

• Setiap selesai baca Al-Fatihah, umat Islam dianjurkan untuk membaca surat Al-Ikhlas sebanyak 3 kali dan surat Al-Kafirun sebanyak 3 kali.  

• Setelah mengucapkan salam di rakaat kedua, dianjurkan membaca doa berikut: 

لآاِلهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ. لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ حَيٌّ لاَيَمُوْتُ بِيَدِهِ الْخَيْرُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٍ. اللهم لاَمَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ وَلاَ مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ وَلاَيَنْفَعُ ذَالْجَدِّ مِنْكَ الْجَدِّ. 

Laailaaha illallohu Wahdahu Laa Syariikalah, Lahul mulku walahul Hamdu yuhyii wayumiitu wahuwa hayyun laa yamuutu biyadihil khoir, wahuwa 'ala kulli syaiin qodiir. Allohumma Laa Mani'a Limaa a'thoita wala Mu'thia Limaa Mana'ta Walaa Yanfa'u Kal Jaddi minkal Jaddi 

Artinya:
"Tidak ada Tuhan selain Allah, Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan, bagi-Nya pujian, Dia yang menghidupkan dan mematikan, dan Dia hidup kekal, tidak mati. Di tangan-Nya segala kebaikan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Ya Allah, tidak ada yang dapat menghalangi apa yang Engkau berikan, dan tidak ada yang dapat memberikan apa yang Engkau cegah. Kekuatan sejati tidak berasal dari kekuatan manusia." 

2. Sholat Sunnah Malam Jumat Pertama Bulan Rajab 

• Melaksanakan sholat sunnah malam jumat bulan Rajab sebanyak 12 rakaat dengan 6 kali salam. 

• Niat yang dibaca masih sama seperti sholat sunnah di malam 1 Rajab. 

•  Setelah membaca surat Al-Fatihah, dilanjutkan untuk membaca surat Al-Qadr sebanyak 3 kali dan Al-Ikhlas sebanyak 12 kali. 

• Selesai salam di rakaat akhir maka membaca sholawat sebanyak 70 kali: 

اللهم صَلِّ عَلَى مُحَمَّدِ النَّبِيِّ اْلأُمِّيِّ وَعَلَى ألِهِ وَسَلِّمْ 

Allahumma shalli 'ala Muhammadin nabiyyi al-ummiyi wa 'ala alihi wa sallim. 

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah sholawat kepada Muhammad, Nabi yang ummi, dan kepada keluarganya, serta berikanlah keselamatan. 

• Kemudian sujud lagi sambil membaca tasbih 70 kali: 

سُبُّوْحٌ قُدُّوْسٌ رَبُّ الْمَلآئِكَةِ وَالرُّوْحِ 

Subbuhun quddusun Rabbul malaa'ikati war-ruh. 

Artinya: "Maha Suci, Maha Suci, Tuhan para malaikat dan Ruh." 

• Selesai itu, duduk dan membaca istighfar sebanyak 70 kali: 

رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَتَجَاوَزْ عَمَّا تَعْلَمْ فَاءِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيْزِالأَعْظَمْ 

Rabbi ghfir warham watajaawaz 'amma ta'lamu, fa innaka antal 'azizul a'zam. 

Artinya: "Ya Tuhan, ampunilah, sayangilah, dan maafkanlah segala yang Engkau ketahui, sesungguhnya Engkau Maha Perkasa, Maha Agung." 

• Terakhir, sujud lagi sambil membaca bacaan tasbih seperti di sujud pertama. 

3. Sholat Sunnah Malam Tanggal 15 Rajab 

• Untuk tata pelaksanaan sholat sunnahnya seperti di malam 1 Rajab. 

• Lalu setelah salam akhir membaca doa berikut: 

لآاِلهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ. لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ حَيٌّ لاَيَمُوْتُ بِيَدِهِ الْخَيْرُ وَهُوَ .لَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٍاِلٰهًا وَحِدًا اَحَدًاصَمَدًا فَرْدًاوِّتْرًالَمْ يَتَّخِذْ صَاحِبَةًوَّلَا وَلَدًا 

Lā ilāha illallāhu wahdahū lā syarīkalahu, lahul mulku walahul hamdu yuhyî wayumītu wahuwa hayyun, lā yamūtu biyadihil khairu wahuwa 'alā kulli syaīn qadīr. Ilāhan wā hidan ahadan shamadan fardan witran lam yattakhidz shāhibatan wa lā waladan. 

Artinya:
"Tidak ada Tuhan selain Allah, Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan, bagi-Nya pujian, Dia yang menghidupkan dan mematikan, dan Dia hidup kekal, tidak mati. Di tangan-Nya segala kebaikan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Dia adalah Tuhan yang Esa, tidak ada yang setara dengan-Nya, Dia yang tetap dan tidak berubah. Dia tidak memiliki pasangan atau keturunan." 

4. Sholat Sunnah Malam Terakhir Bulan Rajab 

• Tata cara pelaksanaannya sama dengan sholat sunnah malam 1 Rajab. 

• Kemudian setelah salam terakhir membaca doa berikut:  

لآاِلهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ. لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ حَيٌّ لاَيَمُوْتُ بِيَدِهِ الْخَيْرُ وَهُوَ .لَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٍوَصَلَّى اللّٰهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَّعَلٰى اٰلِهِا الطَّاهِرِيْنَ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِااللّٰهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ 

La ilaha illallah wahdahu la sharika lah, lahul mulku walahu alhamdu yuhyi wa yumitu wa huwa hayyun la yamutu biyadihil khairu wa huwa 'ala kulli shayin qadir. Wa sallallahu 'ala sayyidina Muhammadin wa 'ala alihi at-tahireen. Wa la haula wa la quwwata illa billahil 'aliyyil 'azhim. 

Artinya: "Tidak ada Tuhan selain Allah, Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan, bagi-Nya pujian, Dia yang menghidupkan dan mematikan, dan Dia hidup kekal, tidak mati. Di tangan-Nya segala kebaikan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Dan semoga Allah melimpahkan sholawat kepada sayyidina Muhammad dan keluarganya yang suci. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Agung." 

Sebagai pengingat, sholat malam di bulan Rajab dianjurkan untuk dilaksanakan setelah sholat maghrib, dzikir dan sholat sunat ba'da maghrib atau di sepertiga malam. 

Demikianlah bacaan niat sholat malam Rajab, berapa rakaat. Mengingat keutamaan dan pahalanya yang besar, umat muslim dianjurkan untuk melaksanakan sholat sunnah ini sendiri maupun berjamaah. Semoga bermanfaat! 

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #niat #sholat #malam #rajab #berapa #rakaat #tata #cara #waktu #mengerjakannya

KOMENTAR