Menguak Siapa Devara Putri, Caleg Dalang Pembunuhan Keji Indriana Dewi Dipicu Rasa Cemburu
Devara Putri. [Situs KPU]
07:00
5 Maret 2024

Menguak Siapa Devara Putri, Caleg Dalang Pembunuhan Keji Indriana Dewi Dipicu Rasa Cemburu

Seorang wanita bernama Indriana Dewi Eka Saputri (24) tewas dibunuh di Bogor lalu mayatnya dibuang di kawasan Banjar, Jawa Barat. Diketahui, otak pembunuhan keji tersebut merupakan Caleg DPR bernama Devara Putri Prananda. Lantas siapa Devara Putri? 

Sebelumnya, pada 25 Februari 2024 terdapat penemuan mayat perempuan di tikungan Batu Gajah, Jalan Raya Banjar – Cimaragas, Desa Neglasari, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat. Ketika pertama kali ditemukan, mayat tersebut terbungkus dengan kain sprei serta selimut. Tak hanya itu, kedua tangannya pun juga terikat dengan sebuah tali. 

Setelah ditelusuri, mayat tersebut adalah Indriana Dewi Oka Saputri warga Cipinang, Jakarta Timur. Ia dipastikan menjadi korban pembunuhan. 

Berdasarkan hasil penyelidikan Polda Jawa Barat, terungkap jika pelaku pembunuhan Indriana Dewi sebanyak tiga orang, salah satunya yaitu Devira Putri Prananda, seorang caleg DPR dari partai Garuda. 

Siapa Devara Putri? 

Devara Putri adalah calon anggota DPR RI dari wilayah pemilihan atau Dapil Jawa Barat IX yang meliputi Kabupaten Majalengka, Kabupaten Subang dan juga Kabupaten Sumedang. Wakil Ketua Partai Garuda, Teddy Gusnaidi, pada Senin (4/3/2024) mengungkap jika Devara Putri adalah calon legislatif dari Partai Garuda. 

Sebagai buntut dari kasus pembunuhan berencana tersebut, Devara pun akhirnya dipecat dari partainya. Kemudian Teddy menegaskan jika tindak pidana yang dilakukan oleh Devara Putri tak bisa mewakilkan partainya dan kasus ini tak berhubungan dengan partai. 

Perempuan berusia 24 tahun tersebut harus mengubur mimpinya setelah membunuh Indriana. Dalam pemilu 2024 yang dilaksanakan pada 14 Februari 2024 lalu, Devara tercatat memperoleh sebanyak 226 suara. 

Saat berkampanye, Devara menjanjikan akan memberi bantuan kesehatan gratis khususnya bagi masyarakat yang kurang mampu. Programnya ini tentu berbanding terbalik dengan tidakan kejinya itu.  

Motif Pembunuhan Indriana Dewi 

Devira adalah warga Johar Baru, dalam melakukan aksinya itu ia dibantu dengan kekasihnya, Didot Alfiansyah dan rekan Didot, Muhammad Reza Swastik yang bertindak sebagai algojo dalam pembunuhan. 

Diketahui, Didot sudah menjalin hubungan asmara dengan Devira selama 5 tahun. Di saat bersamaan, Didot pun juga memiliki hubungan dengan sang korban, Indriana selama kurang lebih selama 7 bulan. 

Pihak kepolisian mengungkapkan jika motif pembunuhan kepada Indriana ini lantaran karena pelaku Devira cemburu dengan Indriana. Devira yang merupakan otak pembunuhan ity sempat mengungkapkan kepada Didot bahwa ia tak ingin melihat korban hidup. 

"Saya nggak mau kalau dia masih ada di dunia ini. Terserah mau kau bunuh, mau apa," kata Devira seperti dikutip dari pernyataanya kepada polisi. 

Dodit lantas meminta sahabatnya, Muhammad Reza untuk menjadi eksekutor pembunuhan tersebut. Dodit pun telah menjanjikan imbalan sejumlah Rp 50 juta. Bahkan, uang imbalannya itu merupakan hasil dari penjualan barang mewah milik korban. 

Reza pun lantas menghabisi nyawa korban dengan cara menjerat lehernya memakai ikat pinggang. Aksi kejinya tersebut dilakukan di dalam mobil. Sebelum akhirnya dibuang di daerah Neglasari, Kota Banjar, para pelaku pun membunuh korban di Kabupaten Bogor, tepatnya di wilayah Bukit Pelangi. 

Setelah itu, para pelaku membawa mayatt korban memakai mobil ke wilayah Jakarta, Cirebon, kemufian ke Kuningan dan berakhir membuangnya di Kota Banjar. Atas perbuatan kejinya itu, para pelaku lantas dijerat Pasal 338, 340, dan 365 KUHP Ayat 4 dengan ancaman pidana maksimal hukuman mati. 

Sedangkan, ayah korban, Muhammad Ro’i, tak banyak memberikan komentar ketika mendapat pertanyaan dari awak media. Muhammad Ro’i hanya mengatakan jika ia akan membawa jenazah anaknya itu kembali ke Semarang, Jawa Tengah, untuk dimakamkan. 

“Dibawa ke Semarang,” ujar Muhammad Ro’i singkat. 

Nah, itu tadi informasi terkait siapa Devara Putri otak pembunuhan Indriana Dewi Eka Saputri. Kini dirinya harus mendekam di penjara dan dipecat dari partai Garuda.

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #menguak #siapa #devara #putri #caleg #dalang #pembunuhan #keji #indriana #dewi #dipicu #rasa #cemburu

KOMENTAR