Mengungkap 9 Tanda Orang yang Membawa Luka Masa Kecil hingga Dewasa, Apa yang Tersembunyi di Balik Perilaku Mereka?
Ilustrasi pesan teks dari mantan yang ingin mengajak balikan. (Pinterest/Flickr)
13:48
4 Maret 2024

Mengungkap 9 Tanda Orang yang Membawa Luka Masa Kecil hingga Dewasa, Apa yang Tersembunyi di Balik Perilaku Mereka?

– Masa kecil merupakan periode krusial dalam pembentukan kepribadian dan karakter seseorang. Memiliki luka masa kecil dapat menimbulkan trauma yang akan terus dibawa hingga dewasa. 

Luka yang tercipta di masa kecil dapat meninggalkan bekas yang mendalam dan memengaruhi perilaku serta cara pandang seseorang saat dewasa.

Untuk itu, simak sembilan tanda orang yang membawa luka masa kecil hingga dewasa, jika dilihat dari perilaku mereka, dilansir dari laman Hack Spirit, Senin (4/3).

9 Tanda yang Ditunjukkan oleh Orang Dewasa yang Membawa Luka Masa Kecil

1. Menjadi Sangat Skeptis dan Sulit Mempercayai Orang Lain

Luka masa kecil seperti pengalaman dikhianati, dibohongi, atau dimanfaatkan akan membuat Anda sulit menjalin hubungan dekat, selalu curiga, dan mudah berprasangka buruk terhadap orang lain.

2. Memiliki Rasa Rendah Diri yang Kompleks atau Inferiority Complex

Luka masa kecil seperti pengalaman dikritik, dibully, direndahkan, atau diabaikan akan mendorong Anda untuk Meragukan diri sendiri saat dewasa. Hal ini akan membuat Anda mudah terpengaruh orang lain, dan merasa tidak pantas dicintai saat Anda dewasa.

3. Memiliki Pola Emosi yang Tidak Stabil

Memiliki pengalaman traumatis, seperti pelecehan seksual, kekerasan, atau kehilangan orang tua di masa kecil juga akan menimbulkan trauma yang terbawa hingga dewasa. 

Tanda yang paling sering adalah Anda menjadi mudah marah, cemas, depresi, atau mengalami ledakan emosi yang berlebihan.

4. Kesulitan Mengatur Emosi

Kurangnya contoh atau bimbingan tentang cara mengelola emosi di masa kecil dapat membuat Anda menjadi pribadi yang kaku dan pemarah.

Hal ini akan membuat Anda kesulitan mengendalikan amarah, kesedihan, atau lebih mudah  frustrasi saat Anda dewasa.

5. Kebutuhan Berlebihan untuk Sebuah Validasi

Kurangnya pengakuan dan penghargaan di masa kecil, akam membuat Anda sangat haus akan validasi di masa dewasa Anda. Akibatnya, Anda akan selalu mencari perhatian, mudah tersinggung saat dikritik, dan haus akan pujian di masa dewasa Anda.

6. Kecenderungan Menyakiti Diri Sendiri atau Orang Lain

Luka masa kecil seperti memiliki pengalaman kekerasan seperti dianiaya atau diabaikan juga dapat menimbulkan dampak di masa dewasa Anda.

Akibatnya, Anda akan punya kecenderungan untuk menyakiti diri sendiri yang diwujudkan dalam luka fisik seperti: memiliki luka bakar, memar, atau tanda-tanda lain yang menunjukkan self-harm, atau menunjukkan perilaku agresif dan kasar.

7. Kesulitan Menjalin Hubungan yang Sehat

Memiliki pengalaman diabaikan, ditolak, atau dikhianati di masa kecil, akan mengakibatkan Anda sulit berkomitmen, mudah cemburu, dan memiliki pola hubungan yang tidak stabil. 

Hal ini karena luka masa kecil tersebut begitu memengaruhi Anda saat dewasa baik secara sadar atau tidak.

8. Rentan akan Kecanduan atau Perilaku Kompulsif

Anda akan cenderung mencari pelampiasan akibat luka masa kecil Anda. Hal ini membuat Anda mencari cara untuk mengatasi rasa sakit dan trauma di masa kecil. 

Tidak jarang bahwa seseorang yang memiliki luka masa kecil akan lebih mudah untuk Kecanduan alkohol, narkoba, judi, atau perilaku kompulsif lainnya.

9. Memiliki Ketakutan Berlebihan (Fobia)

Luka masa kecil seperti memiliki pengalaman traumatis akan membuat Anda memiliki ketakutan yang berlebihan atau fobia. Akibatnya, Anda akan memiliki fobia tertentu, seperti: fobia terhadap hewan, ketinggian, ruang tertutup, atau situasi tertentu.

Itulah sembilan tanda yang dapat membantu kita memahami orang-orang yang membawa luka masa kecil. Luka ini dapat memengaruhi cara mereka berpikir, merasakan, dan berperilaku.

Jika Anda atau orang terdekat Anda menunjukkan beberapa tanda di atas, penting untuk mencari bantuan profesional. Terapi dan konseling dapat membantu Anda memahami luka masa kecil dan mengembangkan mekanisme koping yang sehat.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #mengungkap #tanda #orang #yang #membawa #luka #masa #kecil #hingga #dewasa #yang #tersembunyi #balik #perilaku #mereka

KOMENTAR