Kiki Amalia Sempat Takut Melahirkan di Usia 42 Tahun, Memang Apa Risikonya?
Perjalanan Kiki Amalia Hamil Hingga Melahirkan (Instagram/@kikiamaliaworld)
13:00
1 Maret 2024

Kiki Amalia Sempat Takut Melahirkan di Usia 42 Tahun, Memang Apa Risikonya?

Nama Kiki Amalia baru-baru ini menjadi sorotan publik. Lantaran kabar bahagia baru saja menyelimuti dirinya dan sang suami Agung Anugrah.

Mereka baru saja menyambut kelahiran anak pertamanya pada Rabu (28/2/2024). Diketahui proses persalinan Kiki dilakukan dengan metode normal.

"Alhamdulillah, Kiki melahirkan demgan proses persalinan normal di usianya dia yang ke-42 tahun," ujar Agung Nugraha di kawasan Kemang, Jakarta, Kamis (29/2/2024).

Siapa sangka kalau sebelumnya, Kiki Amalia sempat merasa takut untuk melahirkan anak. Lantaran di usianya yang kepala 4 itu sangat berisiko.

"Dokter kan menganjurkan lahirannya normal. Kiki takut banget," beber Agung Nugraha.

"Katanya di usia dia yang sekarang, resikonya besar buat lahiran normal. Akhirnya Kiki ketakutan," tandasnya.

Lantas apa saja sih risiko melahirkan di usia 40 tahunan? Berikut penjelasannya.

Risiko Melahirkan di Usia 40 Tahun

Berikut adalah beberapa risiko yang mungkin terjadi jika melahirkan di usia 40 tahun.

1. Preeklampsia Pasca Persalinan

Pereklampsia pasca persalinan adalah suatu komplikasi yang bisa terjadi pada perempuan karena tekanan darah tinggi, serta kelebihan protein dan urine saat melahirkan. Ini merupakan salah satu risiko melahirkan di atas usia 40 tahun, yang bisa terjadi dalam kurun waktu 48 hingga72 jam pasca persalinan.  

2. Bayi mengalami cacat lahir

Cacar lahir merupakan suatu masalah yang terjadi dan berkembang saat bayi masih di dalam kandungan.

Perempuan yang melahirkan di atas usia 40 tahun berisiko mengalaminya. Karena seiring bertambahnya usia, kualitas sel telur juga akan mengalami penuruan. Sehingga ini bisa berdampak pada kualitas embrio dan janin yang akan dilahirkan.

3. Melahirkan anak down syndrome

Dalam sebuah penelitian, tak hanya perempuan, laki-laki yang berusia di atas 40 tahun juga memiliki peluang dua kali lipat memiliki anak dengan down syndrome.

Hal ini terjadi karena usia lanjut menyebabkan kualitas sperma dan sel telur mengalami penurunan.

4. Berat Badan Bayi Rendah

Berat Bayi Lahir Rendah (BBLR) adalah kondisi dimana bayi yang dilahirkan memiliki berat badan kurang dari 2.500 gram. Sebagian besar BBLR disebabkan karena bayi lahir secara prematur.

Jika selama masa kehamilan dan melahirkan di atas usia 40 tahun, ada kemungkinan Mama melahirkan bayi secara prematur. Hal inilah yang bisa meningkatkan risiko Mama melahirkan bayi dengan berat lahir rendah atau BBLR.

5. Diabetes gestasional

Diabetes gestasional merupakan kondisi yang umum dihadapi sebagian besar perempuan saat hamil. Faktanya komplikasi diabetes gestasional bisa meningkat pada perempuan yang hamil dan melahirkan di atas usia 40 tahun.

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #kiki #amalia #sempat #takut #melahirkan #usia #tahun #memang #risikonya

KOMENTAR