Suplemen Terbaik untuk Lansia: Upaya Meningkatkan dan Mengoptimalkan Kesehatan di Usia Senja
Ilustrasi tenaga profesional di bidang kesehatan, yang memberikan suplemen pada lansia (freepik.com)
08:26
29 Pebruari 2024

Suplemen Terbaik untuk Lansia: Upaya Meningkatkan dan Mengoptimalkan Kesehatan di Usia Senja

 

 

Suplemen merupakan nutrisi penambah makanan yang memiliki manfaat pada segala usia, khususnya untuk lanjut usia atau lansia

Pada lansia, memenuhi asupan vitamin dan mineral melalui suplemen merupakan upaya untuk mengoptimalkan kesehatan di usia lanjut. 

Tetapi, suplemen dapat menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan, seperti kejadian interaksi dari beberapa resep obat yang tidak aman. 

Kesalahan resep obat tersebut bahkan tidak bisa bekerja sama sekali di dalam tubuh. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui dan memahami suplemen yang dikonsumsi beserta alasannya.

Khususnya pada usia lansia, suplemen makanan perlu diperhatikan dengan tepat, untuk mendapatkan manfaat terbaik untuk kesehatan di usia rentanya. 

Dilansir dari nia.nih.gov, Kamis (29/2), orang berusia di atas 50 tahun, membutuhkan lebih banyak vitamin dan mineral, dibandingkan orang dewasa. 

Menurut ahli diet, untuk memperoleh vitamin dan mineral, selain melalui pola makan, lansia dapat mengonsumsi suplemen untuk mencukupi kebutuhan di dalam tubuhnya.

Suplemen Makanan untuk Lansia

Beberapa suplemen yang dapat dipilih oleh seorang lansia untuk mencukupi vitamin dan mineral, harus memenuhi beberapa kebutuhan sebagai berikut. 

Kalsium bersama vitamin D berguna untuk menjaga kekuatan tulang, khususnya pada lansia untuk menghindari tulang yang keropos, sehingga dapat menyebabkan patah tulang.

Kalsium dapat ditemukan dalam susu, ikan kaleng dengan tulang lunak, sayuran berdaun hijau, serta makanan yang mengandung tambahan kalsium seperti sereal.  

Vitamin B6 dapat ditemukan dalam pisang, kentang, dada ayam, dan sereal, dibutuhkan untuk membentuk sel darah merah di dalam tubuh, khususnya di usia lanjut. 

Vitamin B12 membantu menjaga sel darah merah dan saraf agar tetap sehat di usia lanjut. Meskipun orang lanjut usia membutuhkan vitamin B12 sama banyaknya dengan orang dewasa lainnya.

Beberapa orang mengalami kesulitan dalam menyerap vitamin, yang secara alami ditemukan dalam beberapa jenis makanan. 

Jika mengalami masalah tersebut, dokter mungkin menyarankan untuk mengonsumsi makanan seperti sereal yang diperkaya tambahan vitamin ini atau mengonsumsi suplemen B12. 

Vegetarian dan vegan yang ketat mempunyai risiko lebih besar mengalami kekurangan vitamin B12 karena sumber makanan alami vitamin B12 terbatas pada makanan hewani. 

Oleh karena itu, sebaiknya bicarakan dengan dokter, apakah mengonsumsi suplemen B12 tepat untuk dan cocok untuk seseorang vegan.  

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #suplemen #terbaik #untuk #lansia #upaya #meningkatkan #mengoptimalkan #kesehatan #usia #senja

KOMENTAR