Adu Pendidikan Alam Ganjar vs Rahma Arifa: Anak Ganjar dan Cak Imin Seumuran, Lebih Mentereng Mana Sekolahnya?
Kolase foto Alam Ganjar dan Rahma Arifa (Instagram)
12:02
12 Januari 2024

Adu Pendidikan Alam Ganjar vs Rahma Arifa: Anak Ganjar dan Cak Imin Seumuran, Lebih Mentereng Mana Sekolahnya?

Anak para kandidat calon presiden dan wakil presiden 2024 menuai sorotan publik belakangan ini. Salah dua yang menjadi perbincangan adalah Alam Ganjar dan Rahma Arifa. Keduanya adalah anak dari Ganjar Pranowo dan Cak Imin yang memiliki usia seumuran.

Alam Ganjar lahir pada 14 Desember 2001. Sementara itu, Rahma Arifa lahir pada tahun 2000. Jika dihitung, maka kedua anak dari kandidat calon presiden dan wakil presiden itu hanya terpaut usia 1 tahun.

Berbeda dengan anak kedua Cak Imin yang telah bekerja, Alam Ganjar hingga saat ini masih menempuh kuliah di salah satu perguruan tinggi negeri yang berada di Sleman, DIY. Berikut merupakan perbandingan pendidikan keduanya.

Pendidikan Alam Ganjar

Muhammad Zinedine Alam Ganjar alias Alam Ganjar (Instagram)Muhammad Zinedine Alam Ganjar alias Alam Ganjar (Instagram)

Pemilik nama lengkap Muhammad Zinedine Alam Ganjar ini merupakan putra semata wayang Ganjar Pranowo dan Siti Atikoh. Lahir pada 14 Desember 2001, saat ini usianya baru genap 22 tahun.

Semasa bersekolah di bangku SMP hingga SMA, Alam Ganjar termasuk murid yang berprestasi. Ia pernah menyabet medali emas dalam kompetisi Sains di Korea saat masih bersekolah di SMPN 2 Semarang.

Kemudian, saat duduk di bangku SMAN 3 Semarang, Alam Ganjar pernah meraih juara tiga dalam kompetisi bertajuk 2019 Junior Achievement (JA) Asia Pacific Company of The Year.

Kini, putra calon presiden nomor urut 3 ini diketahui sedang berkuliah di Universitas Gajah Mada (UGM). Ia mengambil Jurusan Teknik Industri dan diprediksi akan lulus tahun ini.

Pendidikan Rahma Arifa

 Rahma Arifa, anak kedua Cak Imin (Linkedln)Rahma Arifa, anak kedua Cak Imin (Linkedln)

Rahma Arifa merupakan putri kedua Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. Berbeda dengan Alam Ganjar, gadis berusia 23 tahun itu memilih menempuh kuliah di luar negeri, yaitu di The London School of Economics and Political Science (LSE).

Saat berkuliah di salah satu perguruan tinggi di Inggris Raya tersebut, Rahma Arifa menorehkan sejumlah prestasi yang membanggakan. Disertasinya pernah meraih penghargaan sebagai First Class Honours. Selain itu, ia juga pernah mendapatkan penghargaan "Social Policy Johns Hills Prize" dari LSE.

Lebih lanjut, selama berada di Inggris Raya, putri calon wakil presiden nomor urut 1 ini diketahui mengikuti sejumlah organisasi, salah satunya PPI United Kingdom. Di sana ia  menjabat sebagai sekretaris umum di PPI United Kingdom.

Berhasil lulus dari kuliahnya pada 2022, Rahma Arifa kini telah bekerja sebagai jurnalis di Narasi TV. Namun, ia juga sempat magang dan menjadi sukarelawan di beberapa instansi maupun perusahaan, mulai dari  Sekolah Kebon Kemang dan ila Generation.

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #pendidikan #alam #ganjar #rahma #arifa #anak #ganjar #imin #seumuran #lebih #mentereng #mana #sekolahnya

KOMENTAR