5 Jenis Umbi-Umbian yang Punya Segudang Manfaat untuk Kesehatan, Ada yang Bisa Mengurangi Risiko Kanker!
Umbi-umbian yang baik untuk kesehatan. (Freepik)
14:30
26 Oktober 2024

5 Jenis Umbi-Umbian yang Punya Segudang Manfaat untuk Kesehatan, Ada yang Bisa Mengurangi Risiko Kanker!

 

Umbi-umbian adalah bagian dari tanaman yang biasanya tumbuh di bawah tanah dan berfungsi sebagai penyimpanan makanan.

Contoh umbi-umbian yang populer adalah kentang, singkong, dan ubi jalar. Umumnya, tanaman ini mengandung karbohidrat sehingga dapat mengenyangkan dan memberikan energi untuk aktivitas sehari-hari.

Namun, ternyata umbi-umbian juga ada yang mengandung serat dan banyak vitamin lain sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih banyak untuk kesehatan, salah satunya menurunkan risiko kanker.

Dilansir dari laman Health pada (26/10), berikut ini penjelasan selengkapnya seputar umbi-umbian, kandungan gizi, serta manfaatnya.

  1. Wortel

Wortel mengandung provitamin A karotenoid seperti beta karoten sehingga tanaman ini memiliki sifat antioksidan yang kuat.

Selain itu, wortel juga mengandung vitamin A, B6, dan K yang tinggi. Wortel juga menyediakan sejumlah kalium, mineral yang penting untuk pengaturan tekanan darah.

Mengonsumsi wortel bisa menurunkan risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker kolorektal, leukemia, pankreas, paru-paru, payudara, dan prostat.

  1. Ubi Jalar

Ubi jalar termasuk salah satu umbi-umbian yang paling sehat dan lezat. Ubi jalar kaya akan serat, vitamin B, vitamin A, dan beberapa nutrisi penting lainnya.

Ubi jalar mengandung sejumlah vitamin dan mineral, tetapi sangat tinggi vitamin A. Makanan nabati, seperti ubi jalar, mengandung provitamin A karotenoid, seperti beta-karoten.

Tubuh mengubah beberapa karotenoid provitamin A menjadi bentuk aktif vitamin A, yang dibutuhkan untuk fungsi kekebalan tubuh, pertumbuhan sel, penglihatan, dan proses vital lainnya.

  1. Ubi Ungu

Ubi ungu kaya akan pigmen yang disebut antosianin. Pigmen ini memberikan warna yang indah dan manfaat ekstra. Antosianin memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat.

Satu studi terhadap 14 pria menemukan bahwa mengonsumsi 200 g ubi ungu yang dimasak per hari selama 14 hari dapat memperbaiki kekakuan arteri.

Ubi ungu dapat meningkatkan kesehatan arteri karena efek antiinflamasinya yang kuat. Selain tinggi antioksidan, kentang ungu juga mengandung serat, vitamin, dan mineral.

Ubi ungu mengandung beberapa vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan, seperti vitamin C, kalium, dan B6, vitamin B yang dibutuhkan untuk lebih dari 100 reaksi enzimatik dalam tubuh.

  1. Lobak

Lobak rendah kalori dan karbohidrat, tapi tinggi serat dan vitamin C yang mengenyangkan. Secangkir lobak mengandung 4,6 g serat yang mencakup 16,43% kebutuhan serat harian.

Mendapatkan cukup serat dalam makanan penting untuk kesehatan usus, karena serat meningkatkan pergerakan usus yang teratur dan nyaman dan mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam saluran pencernaan.

Lobak memiliki kandungan karbohidrat yang jauh lebih rendah daripada umbi-umbian lainnya, seperti ubi jalar dan kentang.

  1. Jahe

Jahe adalah umbi-umbian yang kaya akan antioksidan, seperti gingerol, shogaol, dan paradol. Senyawa-senyawa ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Penelitian membuktikan, konsumsi jahe secara teratur dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan mungkin memiliki efek positif pada kadar gula darah dan penanda inflamasi.

Porsi jahe yang lebih besar dapat memberikan nutrisi seperti kalium dan magnesium, tetapi tidak memberikan jumlah nutrisi yang signifikan ketika dikonsumsi dalam jumlah normal.

Demikianlah beberapa umbi-umbian yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Mengonsumsi makanan tersebut dapat meningkatkan kesehatan.***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #jenis #umbi #umbian #yang #punya #segudang #manfaat #untuk #kesehatan #yang #bisa #mengurangi #risiko #kanker

KOMENTAR