Rumah Ganjar Pranowo di Sleman Dipuji Sederhana, Memang Berapa Sih Gaji Jadi Gubernur?
Potret Ganjar Pranowo. (Instagram/@ganjar_pranowo)
12:47
28 Februari 2024

Rumah Ganjar Pranowo di Sleman Dipuji Sederhana, Memang Berapa Sih Gaji Jadi Gubernur?

Belakangan potret rumah baru Ganjar Pranowo di Sleman, DI Yogyakarta cukup mencuri perhatian netizen. Pasalnya, rumah capres nomor urut 3 itu dinilai sederhana untuk ukuran gubernur.

Dilansir dari unggahan TikTok @/harminantofx, rumah Ganjar Pranowo dibangun di area perawahan. Jika diperhatikan, hunian dengan desain modern itu terdiri dari dua bangunan yang terpisah.

Pada bagian depan ada bangunan dengan atap berbentuk limasan. Sementara itu, rumah di bagian belakang terlihat lebih luas terdiri dari dua lantai.

"Ganjar Pranowo sempat mengatakan bahwa ia sebentar lagi akan menjadi warga Sleman. Ternyata benar, ia sedang membangun rumah baru di Wedomartani Ngemplak Sleman. Ini penampakan rumah baru Ganjar di Sleman," demikian tulis akun tersebut pada caption.

Penampakan rumah baru Ganjar Pranowo di area Yogyakarta sontak saja menuai beragam reaksi netizen, baik yang positif maupun negatif seperti mengungkit gaji Ganjar Pranowo saat masih menjadi gubernur.

"Rumahnya sederhana ya. bwt seukuran pa ganjar mantan gubernur," komentar salah satu netizen.

"Sederhana bgt ga seperti dijakarta rumah-rumah pejabat mewah," tambah yang lain.

"Gaji gubernur 10 tahun dikumpulin buat ini," sahut yang lain.

Sebagai informasi, Ganjar Pranowo memiliki karier cukup panjang di dunia politik. Ia tercatat menjadi anggota legislatif selama dua periode, yakni anggota Komisi IV DPR RI (2004-2009) dan Wakil Ketua Komisi II DPR RI (2009-2013).

Setelah berada di kursi DPR, Ganjar Pranowo kemudian berhasil menduduki jabatan Gubernur Jawa Tengah pada 2013 hingga 2023.

Gaji Ganjar Pranowo sebagai pemimpin Jawa Tengah ternyata terbilang kecil. tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 59 Tahun 2000 Perubahan PP Nomor 9 Tahun 1980, Gaji pokok (gapok) hanya Rp3 juta per bulan.

Selain gapok, Ganjar Pranowo juga mendapatkan tunjangan sebesar Rp5,4 juta per bulan. Sehingga, jika ditotal maka penghasilan akhir Ganjar Pranowo sebagai gubernur adalah Rp8,4 juta per bulan.

Editor: Yasinta Rahmawati

Tag:  #rumah #ganjar #pranowo #sleman #dipuji #sederhana #memang #berapa #gaji #jadi #gubernur

KOMENTAR