'Perang Bintang' di Bursa Calon Gubernur DKI, Siapa yang Paling Berpotensi?
Kolase potret Ahmad Sahroni dan Ridwan Kamil. (Instagram)
14:32
27 Februari 2024

'Perang Bintang' di Bursa Calon Gubernur DKI, Siapa yang Paling Berpotensi?

Pencalonan Gubernur DKI Jakarta kini bak 'Perang Bintang.' Adapun kini para tokoh besar politik mulai memberanikan diri untuk muncul sebagai kandidat calon Gubernur DKI Jakarta.

Bahkan, ada sosok politisi kondang yang punya rekam jejak mentereng berkiprah di Ibu Kota. Ada pula sosok eks kepala daerah yang rela 'berhijrah' dari Jawa Barat untuk bersiap berlaga di Pemilihan umum Gubernur DKI Jakarta 2024.

Lantas, siapa saja nama yang masuk ke dalam bursa calon Gubernur DKI Jakarta?

Ridwan Kamil dan Ahmed Zaki Iskandar - Golkar

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (Instagram/golkar.indonesia)Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (Instagram/golkar.indonesia)

Partai Golongan Karya melalui sang Ketua Umum, Airlangga Hartarto telah memberi mandat kepada dua kadernya untuk ikut memperebutkan kursi Gubernur DKI Jakarta.

Dua sosok tersebut adalah Ridwan Kamil dan Ahmed Zaki Iskandar. Airlangga dalam keterangannya di Istana Kepresidenan, Senin (26/2/2024) mengungkap bahwa keduanya bahkan telah disurati untuk ikut meramaikan kontestasi politik di Ibu Kota.

Bahkan, Ridwan Kamil dan Ahmed Zaki telah disurati jauh sebelum Pemilu 2024 di Februari ini. Tak heran bila Airlangga mempercayai kedua tokoh tersebut untuk mewakili partainya berlaga di Pilgub DKI Jakarta mendatang.

Sebab, Ridwan Kamil alias Kang Emil telah menunjukkan kinerjanya sebagai kepala daerah dengan menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat.

Kang Emil telah mencanangkan beberapa kebijakan seperti pembenahan transportasi publik dan mengentaskan desa tertinggal di Jawa Barat.

Sedangkan sosok Ahmed Zaki Iskandar telah berkiprah sebagai  Bupati Tangerang selama dua periode yakni 2013-2018 dan 2018-2023.

Kang Emil sebagai perwakilan Golkar telah mulai berkampanye halus di Ibu Kota. Beberapa titik di Ibu Kota kini tampak ada baliho Kang Emil yang berbunyi "OTW Jakarta Nih."

Ahmad Sahroni - NasDem

Potret Ahmad Sahroni yang kini jadi ketua penyelenggara ajang Formula E Jakarta 2022 [Instagram]Potret Ahmad Sahroni yang kini jadi ketua penyelenggara ajang Formula E Jakarta 2022 [Instagram]

Pihak Partai NasDem kini tak mau kalah dan tinggal diam dengan manuver Golkar. Adapun sosok kader NasDem, yakni Ahmad Sahroni berani mewakili partainya untuk mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Sahroni bahkan tak takut dengan sosok Kang Emil meski telah banyak berkiprah di Jawa Barat.

"Ridwan Kamil mau maju Gubernur Jakarta, dia kan OTW dari Bandung ke Jakarta, kalau gua kan udah di Jakarta. Lebih mudah," ujar Sahroni dengan sesumbar di NasDem Tower, Kamis (22/2/2024).

Omongan Sahroni tentu tak salah, sebab ia telah bertandang di Ibu Kota sebagai Ketua Pelaksana Formula E 2022. Ia juga berkiprah sebagai Wakil Ketua Komisi III DPR RI periode 2019–2024.

Kontributor : Armand Ilham

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #perang #bintang #bursa #calon #gubernur #siapa #yang #paling #berpotensi

KOMENTAR