Sebuah Skill dalam Hidup, Ini 7 Hal yang Harus Kamu Lakukan Ketika Diberikan Kritik oleh Orang Lain!
Ilustrasi seseorang diberikan kritik./ (Freepik)
07:12
25 Oktober 2024

Sebuah Skill dalam Hidup, Ini 7 Hal yang Harus Kamu Lakukan Ketika Diberikan Kritik oleh Orang Lain!

Dalam hidup, kamu tentu pernah mendapatkan kritik dari orang lain. Kritik tersebut bisa diberikan setelah kamu melakukan suatu kesalahan, atau bahkan tidak melakukan apa-apa.

Misalnya, ketika kamu melakukan sebuah kesalahan dalam sebuah kerjasama kelompok. Kamu tentu mendapatkan kritikan dari orang lain untuk tidak terulang kembali di masa depan.

Pada dasarnya, kritik itu sendiri diberikan kepada kamu untuk jadi lebih baik dimasa depan, Akan tetapi, ada juga kritik yang menyakitkan hati untuk didengar dan juga diingat.

Meski semua kritik memiliki niat yang baik, belum tentu juga cara penyampaian dan bahasa yang digunakan juga baik. Menerima kritik macam apapun, respon yang kamu berikan akan menentukan kedewasaan.

Tentunya ada hal yang bisa kamu lakukan setelah menerima sebuah kritik. Dipetik dari Indeed dan Forbes, berikut ini 7 hal yang harus kamu lakukan ketika diberikan kritik oleh orang lain:

1. Dengarkan Kritik Tersebut

Hal pertama yang tentu harus kamu lakukan adalah mendengarkan kritik tersebut. Kamu tentu perlu mengambil waktu sejenak untuk benar-benar mendengarkan, bukan hanya masuk telinga kanan dan keluar telinga kiri.

Dengan ini, kamu jadi tahu apa-apa saja yang harus diperbaiki dari sikap atau hasil kerjamu dalam hal tersebut.

Dalam proses kritik tersebut, kamu juga bisa mengulangi kritikan mereka agar tidak ada kesalahpahaman antara kalian berdua.

2. Tidak Menganggap Remeh

Hal kedua yang bisa kamu lakukan dalam menghadapi kritik adalah dengan tidak menganggapnya remeh. Ketika kamu mendapatkan kritik, kamu bisa saja menganggapnya remeh dan tidak memerhatikan benar-benar.

Bagaimanapun cara dan siapa yang menyampaikannya, kamu tetap harus mendengarkan kritikan tersebut dengan serius. Tentunya ada hal yang bisa dipetik dan bisa kamu perbaiki di masa depan.

3. Tahu Kapan untuk Respon

Hal ketiga yang juga perlu kamu perhatikan dalam menghadapi kritik adalah untuk tahu kapan mengeluarkan respon. Ketika seseorang mengkritik, bisa jadi mereka berada dalam perasaan marah, sedih, atau kecewa.

Kamu tentu bisa tahu jenis kritikan seperti apa yang tidak harus direspon sama sekali, dan yang perlu diberikan respon cukup atau bahkan membela diri sendiri. Tentunya ada berbagai situasi berbeda memerlukan respon berbeda pula.

4. Refleksikan Kritik Tersebut

Hal keempat yang bisa kamu lakukan dalam menghadapi kritik tersebut adalah dengan merefleksikan kritik tersebut.

Pada saat dikritik atau bahkan setelah dikritik, kamu bisa mengambil waktu untuk refleksi diri.

Pikirkan bahwa apakah kritik tersebut benar adanya dan ada hal yang bisa kamu ubah dalam dirimu agar hal buruk tersebut tidak terulang kembali. Refleksi diri tentunya hal yang baik dilakukan setelah menerima kritik tersebut.

5. Berikan Respon atas Kritik

Hal kelima yang bisa kamu lakukan ketika menghadapi kritik adalah memberikan respon yang tepat atas kritik tersebut. Respon tersebut tentu harus dilakukan dengan cepat agar momentum kritik tersebut tidak hilang.

Dalam pembicaraan, kamu bisa memberikan respon secara langsung tentunya dengan pemikiran menyeluruh terlebih dahulu. Hindari menggunakan bahasa tidak enak dan sampaikan dengan baik respon tersebut.

6. Solusi Alih-alih Alasan

Hal kelima yang bisa kamu terapkan ketika menghadapi kritik adalah dengan menyampaikan solusi alih-alih alasan. Ketika dikritik, kamu mungkin cenderung mencari alasan atau pembenaran atas kesalahan yang dilakukan.

Kamu bisa mengubah pemahaman tersebut jadi memberikan solusi atas apa yang perlu kamu perbaiki kedepannya.

Kamu bisa menyampaikan solusi tersebut tidak hanya untuk dirimu, namun juga untuk menunjukkan pada pengkritik bahwa kamu akan melakukan sesuatu dengan kritik tersebut.

7. Tindak Lanjut Kritik

Hal terakhir yang juga bisa kamu lakukan ketika menghadapi kritik adalah dengan menindaklanjuti kritik tersebut bahkan jauh setelah kritik tersebut disampaikan.

Misalnya, kamu pernah dikritik oleh teman karena menggunakan metode A dalam suatu permasalahan.

Di waktu yang akan datang, kamu bisa mengatakan padanya bahwa kamu sudah menggunakan metode berbeda untuk mengerjakan hal serupa.

Penyampaian ini adalah sebagai bukti bahwa kamu sudah belajar dan mengubah diri jadi lebih baik di masa depan.

Ketujuh hal diatas merupakan beberapa poin yang bisa kamu lakukan ketika dihadapkan dengan kritik dari orang lain.

Tidak selalu buruk, kamu bisa belajar dan berusaha tidak mengulangi kesalahan yang sama akibat dikritik oleh orang lain.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #sebuah #skill #dalam #hidup #yang #harus #kamu #lakukan #ketika #diberikan #kritik #oleh #orang #lain

KOMENTAR