Profil Casytha Kathmandu, Putri Bambang Pacul Kalahkan Suara Komeng di Pileg DPD RI
Casytha Kathmandu. [Instagram/casythadutajateng]
13:46
24 Februari 2024

Profil Casytha Kathmandu, Putri Bambang Pacul Kalahkan Suara Komeng di Pileg DPD RI

Casytha Kathmandu, putri politisi PDIP, Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul mengalahkan komedian Komeng pada Pileg DPD RI. Hal ini terjadi usai dirinya menjadi peraih suara kedua terbanyak di Pulau Jawa.

Menurut data sementara dari KPU, Casytha Kathmandu yang nyaleg untuk dapil Jawa Tengah berhasil mengumpulkan 2.554.334 suara. Sementara itu, Komeng yang mewakili Jawa Barat memperoleh 2.013.135 suara.

Meski begitu, hasil akhirnya bisa berubah karena perhitungan belum selesai. Namun, sosok Casytha Kathmandu sukses membuat publik penasaran. Tak sedikit yang mencari informasi soal profil putri Bambang Pacul ini.

Profil Casytha Kathmandu

Pemilik nama lengkap Casytha Arriwi Kathmandu lahir di Surakarta pada 28 Desember 1987. Wanita yang kini berusia 36 tahun itu adalah putri satu-satunya dari pasangan Bambang Pacul dan Sutarni.

Sang ayah saat ini tengah menjabat sebagai Ketua Komisi III DPR RI, tokoh PDIP sekaligus Ketua DPD PDIP Jawa Tengah. Sementara dirinya adalah anggota DPD RI petahana periode 2019–2024 mewakili Jawa Tengah.

Dari segi pendidikan, Casytha bersekolah di Yogyakarta. Mulai dari SD Negeri Serayu II, SMP Negeri 5, hingga SMA Negeri 3. Lalu, ia melanjutkan studinya ke Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (UGM).

Kemudian, ia melanjutkannya ke Universitas Melbourne, Australia. Di sisi lain, Casytha kerap tergabung dengan beberapa organisasi, di antaranya Ikatan Mahasiswa Akuntansi UGM dan ditunjuk menjadi Bendahara.

Selain itu, ia juga pernah dipercaya menjabat Ketua Umum KNPI Jawa Tengah pada tahun 2022. Sebelum terjun ke politik, Casytha sempat bekerja di Bank Jateng dan menjadi dosen tidak tetap di Universitas Diponegoro.

Di bank tersebut, ia menjadi anggota Komite Audit sekaligus Komite Pemantau Risiko. Tak hanya itu, Casytha juga pernah bekerja sebagai Associate Researcher (Center For Good Corporate Governance di UGM.

Lalu, selama beberapa bulan di tahun 2009, oa menjadi Associate di Pricewaterhousecoopers Indonesia. Casytha bahkan pernah dipercaya untuk menjabat sebagai Asisten Manajer di Bank Indonesia (BI) pada tahun 2010-2012.

Di sisi lain, Casytha yang kembali maju pada Pileg DPD 2024 berhasil memperoleh suara terbanyak kedua di Pulau Jawa. Posisi pertama diraih oleh mantan Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin, yang satu dapil dengannya.

Taj Yasin meraih 2.761.434 suara yang diikuti Casytha Arriwi Kathmandu dengan raihan 2.554.334 suara. Kemudian, menurut perhitungan sementara KPU itu, Komeng dari dapil Jawa Barat memperoleh 2.013.135 suara.

Adapun perolehan suara Komeng bisa terus bertambah. Hal ini seiring dengan adanya 85.078 TPS atau sekitar 60,57 persen dari total 140.457 TPS yang berada di Jawa Barat yang masih belum selesai dihitung.

Kontributor : Xandra Junia Indriasti

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #profil #casytha #kathmandu #putri #bambang #pacul #kalahkan #suara #komeng #pileg

KOMENTAR