Ternyata Begini Metode Tidur Cepat ala Militer Hanya dalam Beberapa Menit, Yuk Terapkan Caranya!
ilustrasi seseorang tengah tertidur. Sumber foto: Freepik
13:36
24 Pebruari 2024

Ternyata Begini Metode Tidur Cepat ala Militer Hanya dalam Beberapa Menit, Yuk Terapkan Caranya!

Jika kamu butuh waktu lama untuk tertidur di malam hari, ada obat tidur alami yang bisa dicoba yakni metode tidur ala militer.

Waktu rata-rata untuk tertidur adalah sekitar 20 menit, menurut profesor dan direktur University of Minnesota Medical School Sports Medicine Program William O. Roberts, dilansir JawaPos.com dari Real Simple, Sabtu (24/2).

Namun, banyak orang yang kesulitan untuk tertidur lebih dari 20 menit karena stres, pikiran yang berpacu, jadwal sibuk, rangsangan teknologi, lingkungan tidur yang buruk, dan banyak lagi.

Tidur yang cukup setiap malam sangat penting bagi kesehatan secara keseluruhan.

Menetapkan rutinitas tidur sehat dan menemukan teknik guna membuat cepat terlelap menjadi prioritas utama, ternyata bisa dilatih.

Apa itu metode tidur militer?

Menurut psikolog Victoria Bangieva, dikutip dari buku Relax and Win: Championship Performance karya Lloyd Bud Winter mengatakan Angkatan Darat AS menggunakan teknik ini untuk membantu tentara tertidur secepat mungkin dan mendapatkan istirahat optimal di bawah tekanan.

Ini melibatkan kombinasi teknik relaksasi pikiran-tubuh termasuk pernapasan dalam, visualisasi, pemindaian tubuh, dan relaksasi otot.

Roberts menggambarkan metode tidur militer hampir seperti proses self-hypnosis dan memerlukan beberapa Latihan.

Untuk teknik ini, kamu akan berbaring diam, rilekskan setiap otot secara bertahap sambil berfokus pada pernapasan lambat dan dalam.

Cara menerapkan metode tidur militer

1. Cari posisi yang nyaman, sebaiknya berbaring di tempat tidur agar bersiap untuk terlelap.

2. Mulailah dengan mengendurkan otot-otot wajah. Merilekskan rahang. Lepaskan ketegangan di alis.

3. Selanjutnya merilekskan bahu, lengan, dan tangan.

4. Pindahkan perhatian ke bagian tengah tubuh dan perut. Rilekskan otot perut.

5. Kemudian rilekskan paha, kaki, dan jari kaki.

6. Dengan setiap tarikan nafas, fokuslah untuk membiarkan tubuh terasa berat. Bayangkan tubuh tenggelam ke tempat tidur.

7. Lanjutkan fokus pada tarikan nafas dan hembuskan napas perlahan.

Menggunakan teknik ini terutama saat latihan pernapasan dalam yang menekankan pernapasan lebih lama membantu mengaktifkan sistem saraf parasimpatis dan membuat tubuh beralih ke keadaan rileks.

Latihan pernapasan bagus lainnya seperti box breathing dan pernapasan 4-7-8 juga efektif menghilangkan stres atau ingin tertidur dengan cepat.

“Strategi ini membantu mengaktifkan respons relaksasi tubuh yang membantu mengurangi stres dan ketegangan, secara umum meningkatkan keadaan tenang dan rileks,” ungkap Bangieva.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #ternyata #begini #metode #tidur #cepat #militer #hanya #dalam #beberapa #menit #terapkan #caranya

KOMENTAR