Inovatif! Bikin SIM Gratis Bagi Pengemudi Online Tuli Hanya dengan Modal Sampah Plastik
Ilustrasi sampah plastik.[pixabay]
20:49
23 Pebruari 2024

Inovatif! Bikin SIM Gratis Bagi Pengemudi Online Tuli Hanya dengan Modal Sampah Plastik

Pengelolaan khusus sampah plastik yang melibatkan partisipasi masyarakat menjadi krusial mengingat dampak lingkungan yang serius dari limbah plastik. Perusahaan ini melakukannya dengan program khusus menukar sampah untuk bisa mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM) gratis bagi pengemudi online tuli. Gimana ya caranya?

Pengelolaan inovatif sampah plastik sangat penting untuk mengatasi masalah lingkungan saat ini. Melansir laman National Institutes of Health, ada tiga alasan penting mengapa pengelolaan sampah plastik menjadi penting.

Ilustrasi kondisi di sekitar Pantai Kuri Caddi yang dipenuhi sampah plastik [SuaraSulsel.id/Antara]Ilustrasi Pantai yang dipenuhi sampah plastik [SuaraSulsel.id/Antara]

Pertama, plastik sulit terurai dan dapat mencemari tanah serta air. Dengan melibatkan masyarakat dalam sistem pengelolaan, dapat menciptakan kesadaran akan pentingnya pemilahan sampah plastik untuk daur ulang, mengurangi pencemaran lingkungan.

Tak hanya itu, plastik menjadi sumber emisi gas rumah kaca saat terurai, berkontribusi pada perubahan iklim global. Pengelolaan khusus melalui pendekatan partisipatif dapat membantu mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, mendorong penggunaan produk ramah lingkungan, dan mendukung inovasi untuk pengelolaan plastik yang lebih berkelanjutan.

Terakhir, keberlanjutan sumber daya dapat ditingkatkan dengan mendaur ulang plastik. Masyarakat yang terlibat secara aktif dalam proses daur ulang dapat menciptakan ekonomi sirkular, mengurangi kebutuhan akan bahan baku baru, dan mengurangi tekanan terhadap lingkungan.

Bukan hanya masyarakat, pengelolaan sampah plastik juga perlu dukungan dari sektor swasta. Pengembangan sistem pembelian kembali dan daur ulang oleh perusahaan contohnya, dapat menjadi langkah inovatif. Perusahaan dapat memberikan insentif finansial kepada konsumen yang mengembalikan kemasan plastik mereka ke tempat pembelian.

Dengan menerapkan sistem ini, perusahaan tidak hanya bertanggung jawab atas siklus hidup produk mereka, tetapi juga memotivasi konsumen untuk berpartisipasi aktif dalam upaya daur ulang.

Ilustrasi Sampah Plastik di Alam (unsplash/saving the ocean)Ilustrasi Sampah Plastik di Alam (unsplash/saving the ocean)

Inilah yang menjadi alasan dalam peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2024, PT. Chandra Asri Pacific Tbk (Chandra Asri Group) bersama Kitaoneus.asia menyelenggarakan program unik. Sebanyak 50 pengemudi online tuli mendapatkan kesempatan mendapatkan SIM gratis melalui penukaran sampah plastik yang mereka kumpulkan.

Sampah plastik tersebut dikelola oleh Industri Pengelolaan Sampah Terpadu Atasi Sampah - Kelola Mandiri (IPST ASARI) milik Chandra Asri Group, diubah menjadi minyak pirolisis bernama PLUSRI yang bermanfaat bagi nelayan di Pantai Pangaradan.

Head of Corporate Communications Chandra Asri Group, Chrysanthi Tarigan, mengungkapkan bahwa program ini tidak hanya mendukung keberagaman tetapi juga memberikan peluang bagi pengemudi online tuli untuk mendapatkan SIM dan meningkatkan kemandirian dalam mencari pekerjaan.

"Inisiatif ini tidak hanya memberikan kesempatan bagi individu dengan kebutuhan khusus untuk terlibat dalam upaya pelestarian lingkungan, tetapi juga membuka pintu bagi pengemudi online tuli agar mereka mendapatkan fasilitas dan mendapatkan akses dalam bekerja," terangnya.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #inovatif #bikin #gratis #bagi #pengemudi #online #tuli #hanya #dengan #modal #sampah #plastik

KOMENTAR