Mau Dilantik Jokowi, Ini Riwayat Pendidikan Mentereng AHY: Lulusan Harvard Punya 3 Gelar Master
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY berfoto bersama Annisa Pohan dan putrinya Almira Tunggadewi Yudhoyono sebelum dilantik menjadi Menteri ATR/BPN di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/2/2024). (Ist)
11:27
21 Pebruari 2024

Mau Dilantik Jokowi, Ini Riwayat Pendidikan Mentereng AHY: Lulusan Harvard Punya 3 Gelar Master

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bakal dilantik sebagai Menteri ATR/Kepala BPN di Istana Kepresidenan Jakarta hari ini, Rabu (21/2/2024).

AHY akan menjadi Menteri ATR menggantikan Hadi Tjahjanto yang beralih menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan.

Kini dipercaya Jokowi jadi menteri ATR, seperti apa sepak terjadi AHY?

Riwayat Pendidikan AHY

AHY pernah mengenyam pendidikan di Timor Timur saat sang ayah, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bertugas di sana. Pada tahun 1984 hingga 1988, AHY menempuh pendidikan dasar di Sekolah Dasar Kuntum Wijaya Kusuma Pasar Rebo Jakarta Timur.

Kemudian pada tahun 1988 sampai 1991, AHY melanjutkan pendidikan di Amerika Serikat saat ikut SBY di negeri Paman Sam itu. AHY bersekolah di David J. Brewer School, Leavenworth, Kansas.

Selama bersekolah di Amerika AHY mendapat sejumlah prestasi salah satunya menjuarai Spelling Contest dan mendapatkan penghargaan dari Presiden AS George H. W. Bush.

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) jelang dilantik jadi Menteri ATR di Istana, Rabu (21/2/2024). (Foto: Istimewa)Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) jelang dilantik jadi Menteri ATR di Istana, Rabu (21/2/2024). (Foto: Istimewa)

AHY kemudian menempuh melanjutkan pendidikan di SMPN 5 Bandung. Saat SBY pindah tugas pada tahun 1994, AHY juga pindah ke SMPN 20 Jakarta Timur.

AHY kemudian melanjutkan pendidikan di SMA Taruna Nusantara, Magelang tahun 1994. Pada 1997, AHY meraih Garuda Trisakti Tarunatama Emas, predikat sebagai lulusan terbaik.

AHY juga merupakan lulusan Akademi Militer (AKMIL) dan mendapat penghargaan Tri Sakti Wiratama. AHY kemudian dipilih sebagai Komandan Resimen Korps Taruna pada tahun 1999.

AHY kemudian lulus AKMIL dengan predikat terbaik pada akhir tahun 2000.

Selama menjadi prajurit militer, AHY juga menempuh pendidikan tinggi formal. Suami Annisa Pohan itu juga memiliki tiga gelar pendidikan Master.

AHY punya galar Master of Science in Strategic Studies di Universitas Teknologi Nanyang, Singapura pada tahun 2006. AHY juga memiliki gelar Master in Public Administration dari Universitas Harvard, Amerika Serikat pada tahun 2010.

Tak hanya itu, AHY juga memiliki gelar Master of Arts in Leadership and Management dari Webster University Amerika Serikat pada tahun 2015.

AHY juga menempuh pendidikan di US Army Maneuver Captain Career Course di Fort Benning, Amerika Serikat pada tahun 2011. Tak hanya itu AHY jugua menempuh pendidikan di US Army Command and General Staff College di Fort Leavenworth, Kansas, Amerika Serikat pada 2015.

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #dilantik #jokowi #riwayat #pendidikan #mentereng #lulusan #harvard #punya #gelar #master

KOMENTAR