Memahami Perbedaan Antara Cinta yang Sehat dan Tidak Sehat, Sekaligus Cara Memutus Siklus Hubungan yang Tidak Sehat
Ilustrasi hubungan (freepik/gratispik)
21:44
19 Oktober 2024

Memahami Perbedaan Antara Cinta yang Sehat dan Tidak Sehat, Sekaligus Cara Memutus Siklus Hubungan yang Tidak Sehat

Bukan hal yang aneh bagi orang untuk melihat cinta sebagai emosi yang menyeluruh, setidaknya pada tahap awal hubungan. Ini adalah saat ketika perhatian difokuskan pada pasangan dan membangun ikatan.

Namun, dalam cinta yang sehat, setiap individu mempertahankan rasa jati dirinya. Dia mungkin memberi kepada pasangannya tetapi tidak pernah berharap harus memberi lebih dari yang mereka mampu berikan.

Sebagai balasannya, rasa harga diri mereka berarti mereka memiliki batasan yang jelas. Jika pasangannya melewati batasan tersebut, individu tersebut memiliki kepercayaan diri untuk mengatasi masalah tersebut, menetapkan batasan, dan menindaklanjutinya jika dilanggar lagi.

Pada saat yang sama, dalam hubungan yang sehat dan penuh cinta, pasangannya menghormati batasan tersebut dan juga individu lainnya. Dalam hubungan cinta yang sehat, pasangan saling memberi dan menerima waktu bersama.

Dalam hubungan yang sehat, sepasang kekasih akan saling terbuka dan jujur ​​satu sama lain dalam semua aspek kehidupan. Kejujuran ini dapat mempererat keterikatan dan rasa saling percara antara kedua belah pihak.

2. Kebaikan dan kepedulian

Dalam hubungan yang sehat, kedua belah pihak saling peduli dan bersikap baik terhadap satu sama lain, tanpa takut kehilangan cinta satu sama lain, terutama saat mereka mengatakan atau melakukan hal yang salah.

3. Bertanggung jawab atas perawatan diri

Dalam hubungan yang sehat, orang-orang yang ada dalam hubungan yang sehat tersebut biasanya akan saling mendorong pasangannya untuk melakukan perawatan diri mereka sendiri sesuai kebutuhan.

4. Menghargai kemandirian

Cinta yang sehat menyambut kemandirian dan tidak mencoba mengisolasi atau mengendalikan orang lain. Pasangan yang memiliki hubungan yang sehat akan menghargai kebebasan masing-masing individu sebagai tanda kedewasaan dalam hubungan.

5. Kesetaraan

Meskipun masing-masing orang dapat membuat keputusan untuk pasangan, mereka juga memiliki hak bicara yang sama dan merasa percaya diri dalam memberikan pendapat atau berbagi ide mereka.

6. Konflik yang sehat

Perselisihan adalah hal yang wajar terjadi dalam setiap hubungan, dan cinta yang sehat menyediakan perdebatan dan diskusi yang sehat untuk mencapai solusi yang disetujui bersama.

Tanda-tanda cinta yang tidak sehat

Cerminan dari cinta yang sehat adalah cinta yang tidak sehat, yang juga dikenal sebagai keterikatan yang tidak sehat. Ini bukanlah hubungan yang setara, saling menghormati, dan jujur.

Ini adalah hubungan di mana satu orang mendominasi yang lain. Cinta dan keterikatan yang tidak sehat juga dapat mengakibatkan seseorang menjadi pecandu, pasif-agresif, dan sangat cemas tentang hubungan dan masa depan mereka.

Tanda-tanda umum kecanduan cinta dan ikatan cinta yang tidak sehat meliputi:

1. Perilaku yang mengendalikan

Pasangan dari hubungan cinta yang tidak sehat mungkin mencoba mengendalikan dengan memberi tahu Anda apa yang harus Anda lakukan, pikirkan, dan rasakan dalam semua aspek kehidupan.

2. Manipulasi

Beberapa perilaku toxic seperti gaslighting, ghosting, berbohong, dan memanipulasi adalah tanda-tanda umum dari pasangan yang tidak sehat.

3. Sikap tidak hormat dan meremehkan

Tindakan mencaci-maki, merendahkan, dan bersikap negatif secara terus-menerus dalam percakapan di depan umum maupun pribadi juga merupakan tanda-tanda umum dari hubungan cinta yang tidak sehat.

4. Menuntut pasangan

Cinta yang tidak sehat terlalu menuntut, sehingga Anda tidak dapat berinteraksi atau memiliki teman, anggota keluarga, atau kolega. Tekanan ini dapat membuat Anda merasa terisolasi dan bahkan stres.

5. Kehilangan jati diri

Seseorang yang berada dalam hubungan cinta yang tidak sehat perlahan-lahan kehilangan jati diri mereka dalam manipulasi orang lain.

Mereka melihat diri mereka sebagai pecundang, orang yang melakukan kesalahan, dan rasa bersalah ini terus-menerus digunakan untuk melawan mereka.

6. Standar ganda

Pasangan menetapkan satu set aturan untuk Anda sementara mereka melakukan sesuatu yang sama sekali berbeda.

Jika Anda keberatan, masalahnya akan diputarbalikkan untuk mengalihkan kesalahan kepada Anda dan tindakan Anda.

Cara memutus siklus hubungan yang tidak sehat

Mengenali bahwa Anda seorang pecandu cinta dalam hubungan yang tidak sehat adalah langkah pertama untuk keluar dari siklus tersebut.

Dengan mengenali tanda-tanda ini, Anda dapat beralih dari cinta yang tidak sehat ke hubungan yang positif dan sehat.

Lakukan hal ini dengan bekerja sama dengan seorang terapis untuk membangun kembali harga diri dan kepercayaan diri, mempelajari cara menetapkan batasan, dan menjadi nyaman sebagai seorang lajang adalah langkah-langkah yang harus diambil dalam penyembuhan dan pemulihan.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #memahami #perbedaan #antara #cinta #yang #sehat #tidak #sehat #sekaligus #cara #memutus #siklus #hubungan #yang #tidak #sehat

KOMENTAR