11 Tips Menjalin Pertemanan dengan Seorang INFJ, Tipe Kepribadian MBTI Paling Langka
11 tips untuk menjalin hubungan pertemanan dengan tipe INFJ yang langka. (pexels)
16:22
16 Februari 2024

11 Tips Menjalin Pertemanan dengan Seorang INFJ, Tipe Kepribadian MBTI Paling Langka

INFJ adalah singkatan dari Introverted, iNtuitive, Feeling, dan Judgement. Orang dengan tipe kepribadian ini sering dianggap pendiam, introspektif, dan analitis.

Mereka suka menghabiskan waktu sendirian atau dalam kelompok kecil, dan mereka lebih suka berkomunikasi melalui kata-kata tertulis atau lisan daripada tindakan.

Namun, mereka dapat berkomunikasi dengan sangat baik ketika mereka berada di sekitar orang-orang yang membuat mereka nyaman terlepas dari introversi awal mereka.

Meski populasi mereka dalam MBTI sangat langka, mereka sangat menghargai pertemanan dan menganggap serius hubungan mereka dengan orang lain.

Mungkin Anda merasa kesulitan dalam menemukan teman dengan tipe INFJ. Oleh karena itu, penting untuk tetap menjaga hubungan pertemanan dengan mereka.

Dilansir dari happierhuman.com, Jumat (16/2), berikut 11 tips untuk menjalin hubungan pertemanan dengan tipe INFJ yang langka.

1. Jadwalkan pertemuan sederhana yang intim

Untuk seorang INFJ, pertemuan di kedai kopi akan lebih baik dibandingkan dengan pertemuan di pesta besar dengan ratusan orang yang tidak mereka kenal.

Pertemuan sederhana dan intim seringkali membuat INFJ dapat berinteraksi dengan individu lainnya dengan lebih santai namun mendalam.

2. Temukan kesamaan

Saat bertemu dengan orang baru, cobalah untuk menemukan persamaan dari kedua belah pihak. Hal ini bisa berupa minat yang sama hingga pengalaman hidup yang serupa.

Memiliki kesamaan akan membantu Anda membentuk ikatan dengan seseorang dengan lebih mudah. Apalagi, INFJ sangat tertarik dengan orang-orang yang tulus.

Misalnya, jika Anda berdua menyukai buku, pertimbangkan untuk mengundang teman INFJ Anda ke konvensi buku atau penandatanganan buku oleh penulis adalah hal yang bisa dicoba.

3. Bersabarlah

Biasanya, INFJ lambat dalam beradaptasi dengan orang dan situasi baru. Jika Anda baru pertama kali bertemu dengannya, jangan berharap dia langsung terbuka. Beri mereka waktu untuk menyesuaikan diri dan merasa nyaman.

4. Hargai privasi mereka

INFJ sering kali membutuhkan waktu untuk memulihkan tenaga setelah berinteraksi sosial. Jika teman INFJ Anda terlihat seperti membutuhkan ruang sendiri, maka hormatilah keinginannya dan beri dia waktu sendiri.

5. Mulailah obrolan lebih dulu

Tipe ini merupakan pemikir kritis yang senang membicarakan pikiran dan perasaannya. Jika Anda ingin lebih mengenal seorang INFJ, ajukan pertanyaan tentang diri mereka dan pendapat mereka tentang berbagai topik. Mereka akan dengan senang hati berbagi pemikirannya dengan Anda.

6. Dukunglah mereka

INFJ cenderung membutuhkan dukungan dan pengertian yang ekstra. Jika teman INFJ Anda sedang mengalami masa sulit, hadirlah untuknya. Dengarkan mereka, berikan nasihat jika mereka menginginkannya, dan jadilah bahu mereka untuk menangis jika mereka membutuhkannya.

7. Tawarkan bantuan

Seorang INFJ terkadang ragu untuk meminta bantuan, tetapi sebenarnya mereka akan sangat menghargai jika Anda menawarkannya. Jika Anda melihat teman Anda kesulitan dengan sesuatu, maka tawarkanlah bantuan.

8. Bersikap hormat

INJF cenderung sangat tertutup, dan mereka mungkin tidak akan langsung berbagi segala hal tentang dirinya dengan Anda. Hormati batasan mereka dan jangan mencoba memaksa mereka untuk berbagi lebih dari apa yang mereka ingin bagi.

9. Jangan mudah tersinggung

INFJ terkadang terlihat dingin dan tidak peka. Jika teman INFJ Anda mengatakan atau melakukan sesuatu yang menyakiti perasaan Anda, bicarakanlah dengannya. Mereka akan dengan senang hati meminta maaf dan berusaha memperbaikinya.

10. Hargai keunikan mereka

Keunikan seorang INFJ merupakan salah satu yang membuat mereka sangat istimewa. Maka, jangan mencoba untuk mengubah keunikan teman INFJ Anda, hargai saja dia apa adanya.

11. Jadilah diri sendiri

Orang - orang dengan tipe INFJ sangat tertarik dengan orang yang tulus dan ada adanya. Jadi, cara terbaik untuk bisa berteman dengan INFJ adalah dengan menjadi diri sendiri.

Mereka akan dengan senang hati menghargai kejujuran dan ketulusan Anda. Hal itu juga memungkinkan Anda untuk memiliki peluang lebih besar untuk menjalin persahabatan yang langgeng dengannya.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #tips #menjalin #pertemanan #dengan #seorang #infj #tipe #kepribadian #mbti #paling #langka

KOMENTAR