Simak! Inilah Manfaat Sulfur Untuk Atasi Jerawat yang Jarang Diketahui Banyak Orang
Ilustrasi perempuan yang memegang salah satu jenis produk perawatan wajah. (Freepik.com)
21:28
17 Oktober 2024

Simak! Inilah Manfaat Sulfur Untuk Atasi Jerawat yang Jarang Diketahui Banyak Orang

 

Mendengar kata sulfur, beberapa orang pasti mengaitkannya dengan bau yang menyengat.

Namun tahukah Anda? Ternyata unsur kimia non logam berbau pekat ini dapat bermanfaat bagi kulit loh!

Sulfur seringkali dijumpai dalam batuan dan mineral yang berperan dalam pertumbuhan tanaman. Unsur kimia non logam ini dikenal dengan cirinya yang berwarna kuning serta berbau pekat. 

Biasanya belerang digunakan untuk keperluan medis. Namun, terkadang juga ditemukan dalam kandungan produk perawatan kulit, seperti masker dan sabun.

Berdasarkan informasi yang dikutip pada laman Byrdie, belerang dipercaya dapat berkhasiat mengatasi beberapa jenis masalah kulit, meliputi: rosacea, dermatitis seboroik, psoriasis, dan eksim.

Namun, perlu diingat bahwa kandungan ini tidak boleh dipakai secara bersamaan dengan bahan topikal lainnya, seperti retinoid, benzoil peroksida, dan asam salisilat. 

Sebaiknya pemilik kulit sensitif harus lebih berhati-hati dalam penggunaan produk ini karena dapat memberikan efek kering hingga pengelupasan.

Berikut manfaat sulfur bagi jerawat berdasarkan informasi yang dikutip pada laman halodoc:

Mengurangi produksi sebum berlebih

Biasanya setelah diaplikasikan ke kulit, belerang akan memberikan efek mengeringkan. Sehingga mampu mengurangi sebum berlebih dan mencegah terjadinya jerawat. 

Bersifat antiinflamasi

Selain itu, belerang juga dapat berfungsi untuk mengatasi peradangan yang terjadi pada kulit dengan cara membunuh bakteri penyebab jerawat.

Mempercepat proses pengelupasan kulit

Efek keratolitik pada sulfur mampu bekerja dengn baik dalam menghilangkan kotoran serta pengelupasan kulit. Hal ini dapat mempercepat pergantian sel kulit mati ke sel kulit baru, serta mencegah penyumbatan kotoran pada pori-pori. 

Terlebih dari baunya yang cukup kuat, sulfur merupakan salah satu bahan alami yang memiliki khasiat untuk meredakan jerawat. Sehingga unsur ini bisa dimasukkan ke dalam daftar kandungan pada rangkaian perawatan wajah. 

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #simak #inilah #manfaat #sulfur #untuk #atasi #jerawat #yang #jarang #diketahui #banyak #orang

KOMENTAR