Mengapa Putus dari LDR Bisa Lebih Menyakitkan? Simak 5 Tips Mengatasi Rasa Sakit dan Galau Setelah Putus Hubungan
Ilustrasi Putus dari LDR (The Times Of India)
20:10
17 Oktober 2024

Mengapa Putus dari LDR Bisa Lebih Menyakitkan? Simak 5 Tips Mengatasi Rasa Sakit dan Galau Setelah Putus Hubungan

- Hubungan jarak jauh memiliki daya tarik tersendiri. Mampu saling mencintai meski terpisah jarak yang jauh membutuhkan komitmen emosional yang kuat. Namun, menjalani hubungan jarak jauh juga bisa sangat melelahkan.

Ada kenyamanan saat mengetahui bahwa ada seseorang yang peduli dari kejauhan dan menunjukkan perhatian, tetapi di sisi lain, hal ini juga dapat meningkatkan rasa kesepian dan membuat seseorang merindukan kehadiran fisik.

Sayangnya, jika hubungan jarak jauh tersebut berakhir, rasa sakit yang dirasakan bisa jauh lebih mendalam. Tidak bertemu langsung untuk mendapatkan penutupan atau kejelasan dapat meninggalkan banyak hal yang tidak terucap dan luka emosional yang dalam.

Melanjutkan hidup setelah putus dari hubungan jarak jauh bisa sangat menantang, dari berbicara setiap hari dengan seseorang hingga benar-benar terputus darinya. Dilansir dari laman The Times Of India, Kamis (17/10), berikut adalah beberapa tips untuk menghadapi putus cinta dari hubungan jarak jauh:

1. Fokus pada Diri Sendiri
Setelah putus dari hubungan jarak jauh, pastikan untuk menginvestasikan waktu dan energi pada diri sendiri. Jadilah versi terbaik dari diri Anda dan fokuslah pada tujuan serta ambisi yang ingin dicapai. Banyak cara untuk menghadapi putus cinta, tetapi cara terbaik adalah dengan meningkatkan diri.

Dengan menginvestasikan waktu dan energi tersebut, Anda akan tumbuh sebagai individu, dan tidak akan terjebak di tempat yang sama. Peningkatan diri akan memberi Anda kejelasan, sehingga tidak merasa bingung atau tersesat.

2. Jangan Pendam Perasaan
Setelah putus, banyak orang cenderung menyembunyikan perasaan dan emosi mereka. Mereka tidak ingin mengakui atau merefleksikan perasaan tersebut, sehingga memilih untuk menghindari emosi demi melindungi diri. Namun, dengan menghindari emosi, Anda justru akan menyakiti diri sendiri, karena tidak memberi ruang bagi diri Anda untuk sembuh dan pulih.

3. Bicara dengan Teman dan Keluarga
Ketika Anda sedang terluka, jangan ragu untuk mencari kenyamanan dan dukungan dari teman atau keluarga. Mereka akan membantu Anda keluar dari rasa sakit, memberikan dukungan, bimbingan, dan membuat Anda merasa lebih baik tentang diri sendiri.

4. Bersabar
Jangan terlalu keras pada diri sendiri; jangan menyalahkan diri atau mempertanyakan alasan putus tersebut. Segala sesuatu terjadi karena suatu alasan. Alih-alih menyalahkan diri, membuat diri menjadi korban, dan bersikap keras pada diri sendiri, cobalah untuk bersabar. Dengan bersabar, Anda membuka diri pada berbagai kemungkinan dan peluang baru. Ingatlah, ketika satu pintu tertutup, jendela lain terbuka.

5. Mulailah Hobi Baru
Daripada terus meratapi putus cinta, lebih baik temukan minat baru yang akan membuat Anda sibuk dan tetap fokus. Hobi baru akan membuat Anda tetap terikat, dan dengan mengatakan 'ya' pada pengalaman serta minat baru, Anda mengisi kekosongan dan mempromosikan pertumbuhan diri.

Dengan menerapkan tips-tips ini, Anda dapat lebih mudah menghadapi putus cinta, terutama dari hubungan jarak jauh yang seringkali terasa lebih menyakitkan.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #mengapa #putus #dari #bisa #lebih #menyakitkan #simak #tips #mengatasi #rasa #sakit #galau #setelah #putus #hubungan

KOMENTAR