Beda Sikap Menlu Retno dan Menkeu Sri Mulyani Soal Isu Mundur, Kenapa Ada yang Bungkam?
Sri Mulyani Indrawati dan Retno Marsudi (Instagram @retno_marsudi)
13:39
7 Pebruari 2024

Beda Sikap Menlu Retno dan Menkeu Sri Mulyani Soal Isu Mundur, Kenapa Ada yang Bungkam?

Menjelang pemilu 2024, suhu politik semakin menghangat yang ditandai dengan berbagai isu tak sedap di media sosial, termasuk kabar mengenai Jokowi yang mulai ditinggalkan oleh orang-orang di sekelilingnya termasuk Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Seperti diketahui, sebelumnya Mahfud MD telah mengundurkan diri dari kabinet Jokowi lantaran dirinya menjaga etik dan tidak ingin menyalahgunaan jabatan dalam pemilu.

Kemudian, ada juga Abdee Slank yang mundur dari jabatannya sebagai Komisaris Telkom karena dirinya secara terang-terangan mendukung paslon nomor urut 3 Ganjar-Mahfud.

Terakhir, ada Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang resmi undur diri sebagai Komut Pertamina dengan alasan yang sama, yaitu mendukung Ganjar-Mahfud dalam kontestasi politik 2024.

Setelah beberapa nama tersebut ramai dibincangkan, kini muncul isu lagi bahwa ada beberapa orang yang akan mundur dari kursi Menteri di kabinet Jokowi.

Adapun Menteri yang diisukan akan mundur dari jabatannya adalah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Mendengar isu tersebut, mereka pun angkat bicara. Uniknya, terlihat adanya perbedaan sikap antara Retno Marsudi dan Sri Mulyani dalam menanggapi isu tersebut.

Sikap Menlu Retno

Dalam sebuah kesempatan ketika berbincang dengan awak media, Menlu Retno menjawab pertanyaan terkait isu terjadinya keretakan dalam kabinet.

Retno mengatakan jika isu tersebut tidak benar karena saat ini kabinet masih berada dalam kondisi yang solid.

"Solid. Saya berkomunikasi baik dengan semuanya," ungkapnya pada awak media beberapa waktu lalu.

Kemudian, ia juga merespons isu yang menyebutkan dirinya akan mundur. Ia pun menjawab dengan sedikit bernada candaan.

”Percaya enggak? Sekarang aku tanya, percaya enggak? Dengan intensitas saya bekerja seperti ini. Percaya enggak? Yuk, bye bye,” ujarnya.

Retno mengaku jika saat ini dirinya sedang fokus untuk bekerja sehingga isu-isu terkait pengunduran diri tidak benar.

Sikap Menkeu Sri Mulyani

Di sisi lain, Menkeu Sri Mulyani tak banyak bicara terkait isu kemunduran dirinya. Ketika ditemui awak media, Sri Mulyani cenderung menjawab singkat.

Pada sebuah kesempatan di kompleks Istana Kepresidenan, Sri Mulyani buka suara terkait isu tersebut.

"Saya bekerja, bekerja," ujar Sri Mulyani singkat pada awak media.

Ia tak banyak bicara, hanya mengatakan jika dirinya sedang sibuk dan fokus untuk kerja. Bahkan, ketika ditanya pada kesempatan lain, Sri Mulyani enggan menjawab dan hanya tersenyum saja.

Dari jawaban tersebut, warganet kemudian mengatakan jika ada perbedaan sikap antara Menlu Retno dan Menkeu Sri Mulyani terkait pengunduran diri dari kabinet Jokowi.

Kontributor : Damayanti Kahyangan

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #beda #sikap #menlu #retno #menkeu #mulyani #soal #mundur #kenapa #yang #bungkam

KOMENTAR